ILYAN, HIDAYATUL (2024) PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI PERCAKAPAN BAHASA ARAB - INGGRIS UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DI PESANTREN DARUL ULUM. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif, Prodi Desain Grafis.
TUGAS AKHIR_HIDAYATUL ILYAN_21511016_DESAIN GRAFIS_Repository.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (371kB)
Abstract
ABSTRACT
Illustration is the art of painting or drawing created to provide explanations or reinforce the understanding of a concept, commonly used in short stories. The use of illustrations can enhance contextual understanding, support vocabulary mastery, ssgrammar, and improve speaking and listening skills. Illustrated books are a type of illustration that can be used as a learning medium, especially in language education. At Pondok Pesantren Darul Ulum, Arabic and English language education has become an integral part of the curriculum, although teaching approaches can vary between pesantrens. However, the use of picture books as learning materials remains limited. Therefore, the author conducted research titled "Designing Illustrated Conversation Books in Arabic and English at Pondok Pesantren Darul Ulum," aimed at assisting students in learning and mastering both languages more effectively. This design process involved several stages, including observation, interviews, and literature review, followed by concept design, sketching, artwork coloring, layout, and typography arrangement, culminating in the printing of the illustrated book.
ABSTRAK
Ilustrasi adalah seni melukis atau menggambar yang dihasilkan untuk memberikan penjelasan atau memperkuat pemahaman suatu konsep, seperti yang sering digunakan dalam cerpen. Penggunaan ilustrasi dapat meningkatkan pemahaman konteks, mendukung penguasaan kata dan tata bahasa, serta memperbaiki keterampilan berbicara dan mendengarkan. Buku ilustrasi merupakan salah satu jenis ilustrasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran, terutama dalam pembelajaran ilmu bahasa.Di Pondok Pesantren Darul Ulum, pendidikan bahasa Arab dan Inggris telah menjadi bagian integral dari kurikulum, walaupun pendekatan pengajarannya dapat bervariasi antar pesantren. Namun, penggunaan buku bergambar sebagai bahan pembelajaran masih terbatas. Oleh karena itu, Penulis melakukan penelitian berjudul “Perancangan buku ilustrasi percakapan Bahasa Arab dan Inggris di Pondok Pesantren Darul Ulum” yang diharapkan dapat membantu santri dalam belajar dan menguasai kedua bahasa tersebut dengan lebih efektif, proses perancangan ini melewati beberapa tahapan yaitu observasi, wawancara, dan tinjauan pustaka yang kemudian dilakukan perancangan konsep, penggambaran sketsa, pewarnaan karya, pengaturan layout dan tipografi yang kemudian dilakukan proses pencetakan yang kemudian menjadi bentuk buku ilustrasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Fitri Evita, S.E.,S.Pd., M.Sn, s Siti Aisyah, S.Pd., M.Si, |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Buku Ilustrasi, Perancangan, Bahan Ajar Keywords:Illustrated Books, Designing, Teaching Materials |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Polimedia Medan > Prodi Desain Grafis |
Depositing User: | ilyan Hidayatul Ilyan ilyan |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 07:45 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 07:45 |
URI: | http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/10718 |