RAMADHAN, RIZKI (2024) PERANCANGAN DESAIN MERCHANDISE SEBAGAI STRATEGI PROMOSI MELALUI EVENT ULANG TAHUN PADA CAFE PAKDE. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF.
LAPORAN TUGAS AKHIR RIZKI RAMADHAN Repostory.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (839kB)
Abstract
ABSTRAK
The final assignment is entitled "Merchandise Design Design as a Promotional
Strategy Through Birthday Events at Cafe Pakde". Cafe Pakde, a new cafe in
Tanjung Mulia Hilir, wants to increase their visibility and promotion by providing
merchandise to consumers who want to use the cafe's services through birthday
events. The absence of publication of birthday events and the need for effective
promotional media, namely merchandise, are the main problems identified in this
final assignment. The problem limits were set to focus on merchandise designs such
as t-shirts, key chains and mugs, which were designed with illustrations of Pakde
characters. The problem formulation focuses on how to create attractive
merchandise to promote Cafe Pakde and evaluate how the results increase public
understanding of Cafe Pakde. The purpose of this writing is to provide an
explanation of the merchandise design process and the results as an effort to
increase the promotion of Cafe Pakde. Merchandise designs such as t-shirts, key
chains and mugs have succeeded in creating a unique identity for the cafe,
increasing its appeal and expanding its market reach. By using Adobe Photoshop
and Adobe Illustrator, this design is effective and meets branding requirements and
it is hoped that the cafe will continue to use it to support the progress and
sustainability of the cafe.
ABSTRAK
Tugas akhir yang berjudul “Perancangan Desain Merchandise Sebagai Strategi
Promosi Melalui Event Ulang Tahun Pada Cafe Pakde”. Cafe Pakde, sebuah cafe
baru di Tanjung Mulia Hilir, ingin meningkatkan visibilitas dan promosi mereka
dengan memberi merchandise kepada konsumen yang ingin memakai jasa cafe
melalui event ulang tahun. Tidak adanya publikasi acara ulang tahun dan kebutuhan
akan media promosi yang efektif, yaitu merchandise adalah masalah utama yang
diidentifikasikan dalam tugas akhir ini. Batasan masalah ditetapkan untuk fokus
pada desain merchandise seperti kaos, gantungan kunci, dan mug, yang di desain
dengan ilustrasi karakter pakde. Rumusan masalah berfokus pada bagaimana
membuat merchandise yang menarik untuk mempromosikan Cafe Pakde dan
mengevaluasi bagaimana hasilnya meningkatkan pemahaman punlik tentang Cafe
Pakde. Tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan penjelasan tentang proses
perancangan desain merchandise dan hasilnya sebagai upaya untuk meningkatkan
promosi Cafe Pakde. Desain merchandise seperti kaos, gantungan kunci, dan mug
berhasil membuat identitas unik cafe, meningkatkan daya tarik dan memperluas
jangkauan pasar. Dengan menggunakan adobe photoshop dan adobe illustrator
desain ini efektif dan memenuhi syarat branding dan diharapkan agar terus
digunakan cafe untuk mendukung kemajuan dan keberlanjutan cafe.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. FITRI EVITA, S.E., S.Pd., M.Sn 2. YUSNIA SINAMBELA, S.T., M.T |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Promotion Strategy, Merchandise, Birthday Event, Product Design Kata Kunci: Strategi Promosi, Merchandise, Event Ulang Tahun, Desain Produk |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Polimedia Medan > Prodi Desain Grafis |
Depositing User: | Rizki Ramadhan |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 02:33 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 02:33 |
URI: | http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/10723 |