PERANCANGAN DESAIN BUKU MATEMATIKA “BANGUN RUANG SISI LENGKUNG” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS IX SMPS MARISI MEDAN

Permatasari Sinaga, Maria (2024) PERANCANGAN DESAIN BUKU MATEMATIKA “BANGUN RUANG SISI LENGKUNG” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS IX SMPS MARISI MEDAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN DESAIN BUKU MATEMATIKA "BANGUN RUANG SISI LENGKUNG" SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS IX SMPS MARISI MEDAN] Text (PERANCANGAN DESAIN BUKU MATEMATIKA "BANGUN RUANG SISI LENGKUNG" SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS IX SMPS MARISI MEDAN)
TA MARIA PERMATASARI REPOSITORY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT

Mathematics learning in class IX at SMP Marisi Medan, especially the concept of geometry of Curved-Sided Spaces (tubes, cones and spheres) has problems because students still often have difficulty in understanding the material and the books available by the school are less interesting to students. This study aims to determine the process of designing book design and the final result of visualization in book design. The theory used in this research discusses the importance of illustrations in helping students imagine when reading so that with illustrations in book design can visualize design elements in the form of illustrations. The methods used include observation, interviews and literature studies, data collected by observing the learning process, interviews with math teachers and searching for related documents. After obtaining the data, the next stage is making pre-production, production, and post-production using Adobe Illustrator 2020. The final result in this book is in the form of A4-sized print using 260gsm lamit lightning ICT paper as a cover and construction paper as content.

ABSTRAK

Pembelajaran Matematika yang ada pada kelas IX di SMP Marisi Medan, khususnya konsep geometri Bangun Ruang Sisi Lengkung (tabung, kerucut dan bola) mengalami kendala karena siswa masih sering mengalami kesulitan dalam memahami materi yang ada dan buku yang tersedia oleh sekolah kurang menarik minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perancangan desain buku dan hasil akhir visualisasi pada perancangan buku. Teori yang digunakan dalam penelitian ini membahas tentang pentingnya ilustrasi dalam membantu siswa berimajinasi saat membaca sehingga dengan ilustrasi dalam desain buku dapat memvisualisasikan unsur-unsur desain dalam bentuk ilustrasi. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan studi Pustaka, data dikumpulkan dengan cara observasi pada proses pembelajaran, wawancara dengan guru matematika dan pencarian dokumen terkait. Setelah memperoleh data tahap selanjutnya yaitu pembuatan praproduksi, produksi, dan pasaca produksi dengan menggunakan Adobe Illustrator 2020. Hasil akhir pada buku ini berbentuk cetak berukuran A4 dengan menggunakan kertas TIK 260gsm lamit kilat sebagai cover dan kertas konstruk sebagai isi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Drs. H. Salam Irianto Nadeak, M.Pd 2. Siti Aisyah, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Keywords: Book Design, Math, Learning Media Kata Kunci: Desain Buku, Matematika, Media Pembelajaran
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Maria Permatasari Sinaga
Date Deposited: 04 Sep 2024 01:10
Last Modified: 04 Sep 2024 01:10
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/10755

Actions (login required)

View Item
View Item