Siagian, Martin Jasa Putra (2024) PEMBUATAN VIDEO IKLAN BUKIT SIDIHONI SAMOSIR SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA DINAS PARIWISATA. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF.
Preliminary_21511026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (918kB)
Abstract
Samosir merupakan kabupaten dari daerah Sumatera Utara. Banyak kawasan yang berada di Samosir dijadikan tempat wisata dan rekreasi oleh wisatawan lokah hingga mancanegara. Hal tersebut dikarenakan kawasan Samosir memiliki pemandangan yang indah terutama terutama daerah Bukit Sidihoni. Bukit sidihoni baru dikenal oleh masyarakat belakangan ini. Namun, kawasan ini masih tak cukup dikenal oleh masyarakat luas. Ditambah dengan permasalahan bahwa popularitas kawasan wisata ini kian menurun dalam hanya beberapa bulan. Video iklan yang dapat menampilkan visual yang menarik terhadap Bukit Sidihoni menjadikan cara yang efektif untuk mempromosikan salah satu kawasan wisata di samosir. perancangan seluruh cerita, konsep, ide, hingga sketsa adalah poin-poin penting terhadap pra pembuatan video iklan. Dimulai dari tahap penyusunan gambar, mengolah audio suara, dan pewarnaan pada video merupakan tahapan produksi untuk membuat video hingga mencapai tahap final. Hal tersebut, disimpulkan bahwa dalam pembuatan video iklan Sidihoni sebagai media promosi memerlukan manajemen yang baik dan profesionalisme. Proses dalam pembuatan video iklan juga tak lepas dari kreatifitas dan kemampuan yang mumpuni untuk mencapai hasil yang sempurna.
Samosir is a district of the North Sumatra region. Many areas in Samosir are used as tourist attractions and recreation by local and foreign tourists. This is because the Samosir area has beautiful scenery, especially the Sidihoni Hill area. Bukit Sidihoni has only been known by the public recently. However, this area is still not well known by the wider community. Coupled with the problem that the popularity of this tourist area is declining in just a few months. An advertising video that can display interesting visuals of Bukit Sidihoni makes an effective way to promote one of the tourist areas in Samosir. designing the whole story, concept, idea, and sketches are important points towards the pre-making of an advertising video. Starting from the stage of composing images, processing sound audio, and coloring the video is the production stage to make the video until it reaches the final stage. It is concluded that the making of Sidihoni advertising videos as a promotional medium requires good management and professionalism. The process of making advertising videos is also inseparable from creativity and qualified abilities to achieve perfect results.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Murtopo, SE, M.Si. ; 2. Yusnia Sinambela, S.T, M.T. |
Uncontrolled Keywords: | Video iklan, Sidihoni, Promosi, Advertising video, Promotion |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Polimedia Medan > Prodi Desain Grafis |
Depositing User: | Martin Jasa Putra Siagian |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 02:31 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 02:31 |
URI: | http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/10829 |