Pinanta, Nio Octry (2024) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UPAYA MEMBANGUN CITRA MEREK YANG POSITIF PADA BAKSO BAKAR BY YELO. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF.
Preliminary_21511033 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (533kB)
Abstract
ABSTRAK
Identitas visual merupakan elemen penting yang membedakan satu wirausaha dari yang lainnya, serta menciptakan citra tertentu di mata calon pembeli. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tahapan-tahapan perancangan dan pembuatan identitas visual Bakso Bakar By Yelo secara rinci, serta memaparkan hasil akhir dari identitas visual tersebut sebagai upaya membangun citra merek yang positif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan informasi terkait Bakso Bakar By Yelo melalui observasi, studi pustaka, dan wawancara, yang kemudian dikembangkan melalui tahapan kerja praproduksi, produksi, dan pasca produksi. Hasil analisis menunjukkan bahwa identitas visual yang dirancang penulis mampu berfungsi sebagai elemen pembeda yang signifikan dalam industri yang sama, serta berperan penting dalam membentuk citra visual yang kuat untuk Bakso Bakar By Yelo. Penelitian ini diakhiri dengan saran kepada pembaca untuk memahami dengan baik alur pengumpulan data guna menghindari hambatan dan memastikan hasil kerja yang tidak generik atau terkesan plagiasi. Diharapkan, tulisan ini dapat menjadi referensi dan inspirasi bagi peneliti selanjutnya dalam mengembangkan rancangan identitas visual yang kreatif dan inovatif.
ABSTRACT
Visual identity is an important element that distinguishes one entrepreneur from another, and creates a certain image in the eyes of potential buyers. This research aims to explain the stages of designing and creating the visual identity of Bakso Bakar By Yelo in detail, and to explain the final result of the visual identity as an effort to build a positive brand image. The methods used in this research include collecting information related to Bakso Bakar By Yelo through observation, literature study, and interviews, which are then developed through pre-production, production, and post-production work stages. The results of the analysis show that the visual identity designed by the author is able to function as a significant differentiating element in the same industry, and plays an important role in forming a strong visual image for Bakso Bakar By Yelo. This research ends with advice to readers to understand well the flow of data collection to avoid obstacles and ensure work that is not generic or plagiarized. Hopefully, this paper can be a reference and inspiration for future researchers in developing creative and innovative visual identity designs.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Drs. H. Salam Irianto Nadeak, M.Pd. ; 2. Sudriman, S.Kom, M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Identitas Visual, Citra Merek, Desain Grafis, Visual Identity, Brand Image, Graphic Design |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Polimedia Medan > Prodi Desain Grafis |
Depositing User: | Nio Octry Pinanta |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 04:35 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 04:35 |
URI: | http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/10875 |