PERANCANGAN VIDEO DIGITAL MENGGUNAKAN ADOBE PREMIERE PRO SEBAGAI MEDIA PROMOSI MUSEUM NEGERI SUMATERA UTARA

Tarigan, Epraim (2022) PERANCANGAN VIDEO DIGITAL MENGGUNAKAN ADOBE PREMIERE PRO SEBAGAI MEDIA PROMOSI MUSEUM NEGERI SUMATERA UTARA. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF MEDAN.

[thumbnail of PERANCANGAN VIDEO DIGITAL MENGGUNAKAN ADOBE PREMIERE PRO SEBAGAI MEDIA PROMOSI MUSEUM NEGERI SUMATERA UTARA] Text (PERANCANGAN VIDEO DIGITAL MENGGUNAKAN ADOBE PREMIERE PRO SEBAGAI MEDIA PROMOSI MUSEUM NEGERI SUMATERA UTARA)
Premilinary_19152023 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Penulisan tugas ahir ini bertujuan untuk membuat video iklan promosi museum Negeri Sumatera Utara dengan menggunakan software adobe premiere pro cc 2019 dan visualisasi ahir video iklan promosi. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi yang dimana mendatangi langsung museum Negeri Sumatera Utara yang berlokasi di Jl HM Jhoni no 51 Teladan Baru, kecamatan Medan Kota. Selain observasi, metode lain yang dilakukan adalah wawancara untuk mengetahui struktur organisasi dan sejarah musem. Proses perancangannya dimulai dari tahap pra produksi yaitu tahap persiapan sebelum masuk ke produksi. Pra produksi terdiri dari menentukan ide pembuatan video, perekaman voice over yang direkam menggunakan handphone, pembuatan scriprt, penggambaran storyboad, menyiapkan peralatan untuk melakukan pengambilan video, dan penyusunan tim kerja. Setelah itu masuk pada tahap produksi, pada tahap ini pengambilan video meggunakan kamera yang telah disediakan dengan tahapan yang ada di storyboad untuk mendapatkan hasil sesuai konsep video iklan. Tahap terahir yaitu tahap pasca produksi atau editing. Pada tahap ini dilakukan editing menggunakan software adobe premiere pro cc 2019, hal yang dilakukan yaitu menyatukan semua potongan video, color grading, memberikan transisi, backsound, dan rendering video. Setelah direndering maka kita dapat melihat visualisasi video. Format video yang dihasilkan Mp4 dengan durasi 1 menit dan berbasik cinematic.

ABSTRACT

Writing this final project aims to create a promotional video for the North Sumatra State museum using Adobe Premiere pro cc 2019 software and the final visualization of the promotional advertising video. The research method used is observation which is where you go directly to the North Sumatra State museum, which is located at Jl HM Jhoni no 51 Teladan Baru, Medan Kota sub-district. In addition to observation, another method used is interviews to find out the organizational structure and history of the museum. The design process starts from the pre-production stage, namely the preparation stage before entering production. Pre-production consists of determining the idea of making a video, recording voice over recorded using a cellphone, making scripts, describing storyboards, preparing equipment for taking videos, and compiling a work team. After that, it enters the production stage, at this stage the video is taken using the camera that has been provided with the stages on the storyboard to get results according to the concept of video advertising. The last stage is the post-production or editing stage. At this stage, editing is done using Adobe Premiere pro cc 2019 software, what is being done is to unite all video pieces, color grading, provide transitions, backsound, and video rendering. After rendering, we can see the video visualization. The resulting video format is Mp4 with a duration of 1 minute and is cinematic based.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dewantoro Lase, S.Kom,M.Kom Faudunasokhi Telambanua, SE,MM
Uncontrolled Keywords: Design, video, adobe premiere pro cc 2019
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Multimedia
Depositing User: Epraim Tarigan
Date Deposited: 20 Oct 2022 06:50
Last Modified: 20 Oct 2022 06:50
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2561

Actions (login required)

View Item
View Item