Octavia, Ruth Tamiany Simamora (2022) PEMBUATAN BUKU CALISTUNG DENGAN DESAIN ILUSTRASI UNTUK KELAS 1 DI SDN 064968 MEDAN. Other thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
Preliminary_19151069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Membaca, menulis, dan berhitung merupakan komponen penting yang harus dikuasai anak. Akan tetapi, dalam proses pembelajarannya harus berdasarkan prinsip pembelajaran PAUD yaitu bermain sambil belajar. Oleh karena itu, dalam pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung tidak dapat diberikan secara langsung. Berdasarkan hal tersebut, maka pembelajarannya memiliki beberapa tahapan yang harus dilalui anak dan di terapkan dengan menggunakan metode yang menyenangkan sehingga mereka mau melakukan secara suka rela. Misalnya, anak-anak diberikan alternatif pilihan dalam belajar huruf. Kalau anak-anak diajarkan meniru huruf dengan gerakan anggota tubuh, anak-anak juga bisa bermain kata, misalnya diminta menyebutkan nama buah-buahan dengan awalam "pa". Ajaklah anak-anak belajar dengan cara yang membuat mereka gembira dan seolah sedang bermain. Hal yang membuat senang anak-anak dintaranya mendengarkan musik, aktivitas bermain, dan juga aktivitas melakukan gerakan. Saat belajar menulis huruf, anak-anak diberikan pilihan menggunakan alat misalnya crayon, pensil warna atau spidol. Jangan hanya memberikan satu macam alat tulis, harus terdapat banyak ragam bermain. Oleh karena itu, guru dituntut untuk bisa memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan anak, dapat menarik minat, dan tidak monoton.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Faudunasokhi Telaumbanua, S.E, M.M Siti Aisyah, S.Pd, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | PAUD, Membaca, Menulis, dan Berhitung |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Polimedia Medan > Prodi Desain Grafis |
Depositing User: | Ruth Tamiany O. Simamora |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 08:14 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 08:14 |
URI: | http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3173 |