PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PENGENALAN HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK USIA DINI

ILYAS ZAYMURI, MUHAMMAD (2024) PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PENGENALAN HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK USIA DINI. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF.

[thumbnail of PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PENGENALAN HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK USIA DINI] Text (PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PENGENALAN HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK USIA DINI)
TA2024_D_17_MUHAMMAD ILYAS ZAYMURI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Al-Quran merupakan pedoman bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia. Ayat-ayat dalam Al-Quran tertulis dalam bahasa Arab, dengan menggunakan huruf hijaiyah. Oleh karena itu, umat muslim di Indonesia yang sehari-hari menggunakan bahasa Indonesia, harus mempelajari huruf hijaiyah agar dapat memahami makna dari ayat-ayat didalam Al-Quran. Di Indonesia, mempelajari huruf hijaiyah biasanya dimulai sejak dini, baik dengan orang tua atau melalui instansi seperti TPA/TKA, dengan menggunakan media buku Iqra. Seperti pada TPA/TKA As Salam yang berlokasi di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan berupa observasi di TPA/TKA As Salam dan wawancara dengan tenaga pengajar setempat. Penggunaan media Iqra dinilai terlalu monoton untuk anak usia dini, sehingga sulit bagi mereka untuk mempertahankan fokus dan minat mereka dalam mengenal huruf hijaiyah. Maka dari itu, penulis mencoba merancang media pengenalan huruf hijaiyah berupa buku ilustrasi interaktif yang dirancang dengan beberapa metode, seperti pop-up, velcro, wipe clean, spin, dan lift the flap, yang bertujuan untuk menarik perhatian anak usia dini. Buku ini diharapkan dapat membantu proses belajar huruf hijaiyah menjadi lebih menyenangkan serta mudah dipahami untuk anak usia dini.

Al-Quran is a guide to all muslims around the world. The verses in the Al-Quran are written in Arabic, using the hijaiyah. Therefore, muslims in Indonesia today who speak Indonesian must learn the hijaiyah in order to understand the meaning of the verses in the Al-Quran. In Indonesia, studying hijaiyah usually begins at the toddler age, either through parents or places such as TPA/TKA, using the book Iqra. As at TPA/TKA As Salam, located in Srengseng Sawah, South Jakarta. Research methods used include observation on greetings and interviews with local teachers. The use of Iqra is considered too monotonous for toddlers, so it is difficult for them to maintain their focus and interest in knowing the hijaiyah letters. Therefore, the author attempted to create an interactive illustrated book as a medium for introducing hijaiyah letters, designed with various methods such as pop-up, velcro, wipe clean, spin, and lift the flap. The goal is to capture the attention of toddlers. This book is expected to make the process of learning Hijaiyah letters more enjoyable and easier to understand for toddlers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Yayah Nurasiah, M.Pd. ; 2. Citrani Eka Lamda Nur, S.sn., M.I.Kom.
Uncontrolled Keywords: huruf hijaiyah, buku ilustrasi, anak usia dini, Hijaiyah letters, illustrated book, toddlers.
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Muhammad Ilyas Zaymuri
Date Deposited: 20 Aug 2024 02:12
Last Modified: 20 Aug 2024 02:12
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8360

Actions (login required)

View Item
View Item