Perancangan Motif Identitas Brand dengan Gong Si Bolong pada Busana Siap Pakai Ibu Hamil dan Menyusui (Studi Kasus : Kaski Atelier)

Pairus NF, Nada (2024) Perancangan Motif Identitas Brand dengan Gong Si Bolong pada Busana Siap Pakai Ibu Hamil dan Menyusui (Studi Kasus : Kaski Atelier). Diploma thesis, Poloteknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Perancangan Motif Identitas Brand dengan Gong Si Bolong pada Busana Siap Pakai Ibu Hamil dan Menyusui (Studi Kasus : Kaski Atelier)] Text (Perancangan Motif Identitas Brand dengan Gong Si Bolong pada Busana Siap Pakai Ibu Hamil dan Menyusui (Studi Kasus : Kaski Atelier))
Preliminary Nada Pairus NF.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Kaski Atelier's clothing designs use stamped and written batik motifs which have quite high prices, this is closely related to the selling price of the collection. Talking about motifs, Kaski Atelier does not yet have an identity motif and is quite behind other competing brands. The aim of this research is to create new innovations for the Kaski Atelier brand to have an updated collection by creating brand identity and Gong Si Bolong motifs using the stylization technique of the Gong Si Bolong shape and the Kaski Atelier brand logo. In this research, the author uses a qualitative method with a Hasso Plattner design thinking approach which consists of 5 phases, namely empathize, define, ideate, prototype, and test. In this research, the author created an innovative product in the form of a brand identity motif, then made it into fabric using digital printing techniques, then applied it to clothing for pregnant and breastfeeding mothers with a feminine romantic style. This clothing uses ribbon, flare and opening details on the chest. The target users in this research are women aged 30-35 years who live in Jabodetabek and above. The author hopes that innovation in this clothing can help partners update collections and meet consumer needs..
Keywords: Identity Motifs, Depok Motifs, Pregnancy Clothing, Breastfeeding Clothing

Desain busana Kaski Atelier menggunakan motif batik cap maupun tulis yang memiliki harga cukup tinggi, hal ini erat kaitannya dengan harga jual koleksi. Berbicara soal motif, Kaski Atelier belum memiliki motif identitas dan cukup tertinggal dengan brand competitor lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat inovasi baru untuk brand Kaski Atelier agar memiliki pembaharuan koleksi dengan membuat motif identitas brand dan Gong Si Bolong menggunakan teknik stilasi bentuk Gong Si Bolong dan logo brand Kaski Atelier. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan design thinking hasso plattner yang terdiri dari 5 fase yaitu emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Pada penelitian ini, penulis membuat produk inovasi berupa motif identitas brand, kemudian dibuat menjadi kain dengan teknik digital printing, lalu diaplikasikan pada busana ibu hamil dan menyusui dengan style feminine romantic. Busana ini menggunakan detail pita, flare, dan opening pada bagian dada. Target pengguna pada penelitian ini adalah wanita berusia 30-35 tahun berdomisili di Jabodetabek menengah keatas. Penulis berhadap inovasi pada busana ini dapat membantu mitra dalam pembaharuan koleksi dan memenuhi kebutuhan konsumen.
Kata Kunci : Motif Identitas, Motif Depok, Buasana Hamil, Busana Menyusui

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Pratiwi Kusumowardhani, M.Ds. ; 2. Dr. Atiek Rohmiyati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motif Identitas, Motif Depok, Buasana Hamil, Busana Menyusui, Identity Motifs, Depok Motifs, Pregnancy Clothing, Breastfeeding Clothing
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Desain Mode
Depositing User: Nada Pairus NF
Date Deposited: 20 Aug 2024 02:43
Last Modified: 20 Aug 2024 02:43
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9049

Actions (login required)

View Item
View Item