PERANCANGAN KONTEN KREATIF PADA INSTAGRAM THE EYE STUDIO UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT DENGAN AUDIENS

Maryam, Adella (2024) PERANCANGAN KONTEN KREATIF PADA INSTAGRAM THE EYE STUDIO UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT DENGAN AUDIENS. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN KONTEN KREATIF PADA INSTAGRAM THE EYE STUDIO UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT DENGAN AUDIENS] Text (PERANCANGAN KONTEN KREATIF PADA INSTAGRAM THE EYE STUDIO UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT DENGAN AUDIENS)
Tugas Akhir - Adella Maryam (FINAL).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (769kB)

Abstract

ABSTRAK

In the digital era, beauty salons have the opportunity to market their products and services through social media platforms like Instagram, which effectively captures
a wider audience’s attention. The Eye Studio beauty Salon also uses Instagram to upload creative content to increase engagement with the audience. However, creative content @the.eye.the studio is not optimal in terms of engagement with the audience.This final project aims to determine the process of designing creative content on Instagram @the.eye.studio, focusing on increasing audience engagement through STP analysis and the AISAS model. The study employs observation and literature review methods for data collection. The results of this writing show a significant increase in engagement with the audience in the January – June 2024 period. The increase based on the number of followers increased, which was originally 34.9 thousand in November 2023 to 36.8 thousand in June 2024. The success of engagement was also seen in the
top content of the January - June period in the product info category. This content achieved 65.4 thousand impressions, 777 likes, 3 comments, 44 saves, and 26 shares.

Keywords: creative content, engagement, The Eye Studio

Di era digital, salon kecantikan memiliki peluang untuk memasarkan produk dan layanan melalui media sosial seperti Instagram, yang efektif dalam menarik perhatian audiens yang lebih luas. Salon kecantikan The Eye Studio turut memanfaatkan
Instagram untuk mengunggah konten kreatif guna meningkatkan engagement dengan audiens. Namun, konten kreatif @the.eye.studio belum optimal dari segi engagement
dengan audiens. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui proses perancangan konten kreatif di Instagram @the.eye.studio untuk meningkatkan engagement audiens melalui analisis STP dan AISAS, serta menggunakan metode observasi dan studi pustaka untuk pengumpulan data. Hasil penulisan ini menunjukkan kenaikan engagement dengan audiens yang signifikan berada pada periode bulan Januari – Juni 2024. Kenaikan berdasar jumlah pengikut meningkat, yang semula 34,9 ribu pada November 2023 menjadi 36,8 ribu pada Juni 2024. Keberhasilan engagement juga
terlihat pada konten teratas periode Januari - Juni dalam kategori info produk. Konten kreatif ini mencapai 65,4 ribu tayangan, 777 yang menyukai, 3 komentar, 44 yang menyimpan, dan 26 yang membagikan.

Kata Kunci: konten kreatif, engagement, The Eye Studio

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing I : Zaenab, SS,. M.Si Pembimbing II : Khoirun Nisa, S.PD., M.SI.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: konten kreatif, engagement, The Eye Studio
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BH Aesthetics
L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Penerbitan > Prodi Periklanan
Depositing User: Adella Maryam
Date Deposited: 20 Aug 2024 08:17
Last Modified: 20 Aug 2024 08:17
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9166

Actions (login required)

View Item
View Item