PENGEMBANGAN APLIKASI NAVIGASI DALAM RUANGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID DI POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF PSDKU MEDAN

Fonna Saputra, Dandi (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI NAVIGASI DALAM RUANGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID DI POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF PSDKU MEDAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGEMBANGAN APLIKASI NAVIGASI DALAM RUANGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID DI POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF PSDKU MEDAN] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI NAVIGASI DALAM RUANGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID DI POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF PSDKU MEDAN)
PRELIMINARY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk pembuatan sebuah aplikasi navigasi dalam ruangan berbasis Augmented Reality (AR) sebagai pengganti GPS yang dapat membantu mahasiswa dan pengunjung di Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Medan. Aplikasi ini memberikan panduan visual untuk mempermudah navigasi di dalam gedung kampus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan studi pustaka, yang mencakup pengamatan langsung di lapangan serta kajian literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini berhasil menampilkan panduan visual kepada pengguna untuk bernavigasi dengan lebih interaktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa teknologi AR dapat digunakan sebagai solusi inovatif untuk masalah navigasi dalam ruangan di lingkungan kampus. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas aplikasi ini ke lingkungan yang lebih luas dan menambahkan fitur tambahan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

This writing aims to develop an indoor navigation application based on Augmented Reality (AR) as a substitute for GPS, which can assist students and visitors at Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Medan. This application provides visual guidance to facilitate navigation within the campus buildings. The methods used in this research are observation and literature study, which include direct field observations and related literature reviews. The research results show that this application successfully provides visual guidance to users for more interactive navigation. The conclusion of this research is that AR technology can be used as an innovative solution for indoor navigation problems in the campus environment. Future research is suggested to expand this application to a broader environment and add additional features to enhance the user experience.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Suhendra ST, M.Kom. ; II. Faudunasokhi Telaumbanua SE, MM.
Uncontrolled Keywords: Realitas Tertambah, Aplikasi, Navigasi Dalam Ruangan, Panduan Visual, Navigasi, Augmented Reality, Application, Indoor Navigation, Visual Guide, Navigation
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Multimedia
Depositing User: Dandi Fonna Saputra
Date Deposited: 23 Aug 2024 03:10
Last Modified: 23 Aug 2024 03:10
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9307

Actions (login required)

View Item
View Item