Perancangan Busana Ready-To-Wear Yang Terinspirasi Oleh Album Hot Sauce Boyband Kpop NCT Dream

setyawanty, vivi (2024) Perancangan Busana Ready-To-Wear Yang Terinspirasi Oleh Album Hot Sauce Boyband Kpop NCT Dream. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of laporan TA nct vivi s new (1) preliminary.pdf] Text
laporan TA nct vivi s new (1) preliminary.pdf

Download (479kB)

Abstract

NCT atau Neo Culture Technology adalah salah satu boygroup bentukan dari SM
Entertaiment. Official SM entertainment NCT Dream hanya menjual jenis busana
kaos, jaket dan merchandise saja dimana para penggemar wanita NCT Dream
menginginkan busana siap pakai dengan motif motif sentuhan NCT Dream yang
bisa dipakai pada kegiatan konser Kpop dan event event Kpop lainnya.
Membutuhkan inovasi baru produk busana siap pakai terhadap motif yang memiliki
identitas NCT Dream. Album lagu dari NCT Dream yang paling digemari oleh
penggemar ialah album Hot Sauce sehingga Penulis melakukan kegiatan observasi,
wawancara dan kuesioner untuk pengumpulan data. Penelitian ini bertujuan untuk
mengeksplorasi dan mengembangkan motif pada album Hot Sauce pada produk
busana wanita siap pakai. Metode penelitian ini eksplorasi kualitatif dengan
pendekatan Design Thinking Hasso Platner. Hasil dari eksplorasi motif album Hot
Sauce dengan teknik printing pada busana siap pakai, melalui penelitian ini
menunjukan potensi untuk menciptakan motif baru pada identitas NCT Dream.
Dapat disimpulkan busana siap pakai dengan motif yang terinspirasi oleh album
Hot Sauce NCT Dream dengan style sporty casual dan look pop art, merupakan
pilihan yang menyatu dengan karakter dari album Hot Sauce NCT Dream.

NCT or Neo Culture Technology is a boy group formed by SM Entertainment.
Official SM entertainment NCT Dream only sells t-shirts, hoodies and
merchandise, where NCT Dream female fans want ready-to-wear clothing with a
touch of NCT Dream motifs that can be worn at Kpop concerts and other Kpop
events. And requires new innovations in ready-to-wear clothing products with
motifs that have the NCT Dream identity. The song album from NCT Dream that is
most popular with fans is the Hot Sauce album. So the author carried out
observations, interviews and questionnaires to collect data. This research aims to
explore and develop the motifs on the Hot Sauce album on ready-to-wear women's
clothing products. This research method is a qualitative exploration using Hasso
Platner's Design Thinking approach. The results of exploring the Hot Sauce album
motif using printing techniques on ready-to-wear clothing show the potential for
creating new motifs for the NCT Dream identity. It can be concluded that ready-to�wear clothing with motifs inspired by NCT Dream's Hot Sauce album with a sporty
casual style and pop art look, is a choice that blends with the character of NCT
Dream's Hot Sauce album.
Keyword : Kpop, NCT Dream, Ready-to-Wear

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Pratiwi Kusumawardhani, M.Ds. 2. Hesti Nurhayati, S. H., M.Si
Uncontrolled Keywords: Busana Siap Pakai, NCT Dream, Pop Korea, Kpop, NCT Dream, Ready-to-Wear
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Desain Mode
Depositing User: Vivi setyawanty
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:23
Last Modified: 22 Aug 2024 07:23
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9426

Actions (login required)

View Item
View Item