PEMBUATAN KONTEN PENGUATAN PSIKOSOSIAL PADA AKUN INSTAGRAM YAYASAN PULIH DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI AUDIENS TAHUN 2024

Azara, Rina (2024) PEMBUATAN KONTEN PENGUATAN PSIKOSOSIAL PADA AKUN INSTAGRAM YAYASAN PULIH DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI AUDIENS TAHUN 2024. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Rina Azara_TA 2024_Setelah Sidang dan Ricekkk (1).pdf] Text
Rina Azara_TA 2024_Setelah Sidang dan Ricekkk (1).pdf

Download (470kB)

Abstract

As time progresses, information technology has become easier for people to search
for various information on the internet. With the presence of social media such as
Instagram, one of the non-profit non-governmental organizations for recovery from
trauma and psychosocial strengthening that uses Instagram to publish digital
content is the Pulih Foundation. There is low audience interaction with Pulih
Foundation's digital content because the published content is still monotonous. The
author's goal is to create content so that Pulih Foundation can increase audience
interaction with their content. In this final assignment report, mass communication
theory, Instagram, social media, social media interaction, content, AISAS theory,
STP theory are used. This final project report uses observational methods. This
final project report produces a statement that content that is relevant to the
audience's personal experience can consistently get interaction. The data results
show that there is a consistent increase in the number of comments from 25 in April
to 39 in June, indicating that the posted content received a positive response from
the audience.

Keywords: Content, Yayasan Pulih, Instagram, Audience Interaction

Seiring berkembangnya zaman, teknologi informasi menjadi lebih mudah bagi
manusia mencari berbagai informasi di internet. Dengan hadirnya media sosial
seperti Instagram, salah satu lembaga swadaya masyarakat nirlaba untuk pemulihan
dari trauma dan penguatan psikososial yang menggunakan Instagram untuk
mempublikasikan konten digital adalah Yayasan Pulih. Rendahnya interaksi
audiens terhadap konten digital Yayasan Pulih karena konten yang dipublikasikan
masih monoton. Tujuan penulis membuat konten agar Yayasan Pulih bisa
meningkatkan interaksi audiens pada konten mereka. Dalam laporan tugas akhir ini
digunakan teori komunikasi massa,Instagram, media sosial, interaksi media sosial,
konten, teori AISAS, dan teori STP. Laporan tugas akhir ini menggunakan metode penelitian observasi. Laporan tugas akhir ini menghasilkan pernyataan konten-
konten yang relevan dengan pengalaman pribadi audiens secara konsisten bisa
mendapatkan interaksi. Hasil data menunjukkan ada peningkatan yang konsisten
dalam jumlah komentar dari 25 pada bulan April menjadi 39 pada bulan Juni
menunjukkan bahwa konten yang diposting mendapat respon positif dari audiens.

Kata Kunci: Konten, Yayasan Pulih, Instagram, Interaksi Audiens.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1.Sartika Ekadyasa, M.I.Kom 2.Zaenab, S.S., M.Si
Uncontrolled Keywords: Konten, Yayasan Pulih, Instagram, Interaksi Audiens, Content, Pulih Foundation, Audience Interaction
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Penerbitan > Prodi Periklanan
Depositing User: Rina Azara
Date Deposited: 29 Aug 2024 08:02
Last Modified: 29 Aug 2024 08:02
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9473

Actions (login required)

View Item
View Item