BRANDING KEMASAN UNTUK PATTY BELUT INOVASI SEBAGAI PENGEMBANGAN MAKANAN POPULER BERBAHAN KOMODITAS LOKAL

Dwi Siwi, Desiyanti (2024) BRANDING KEMASAN UNTUK PATTY BELUT INOVASI SEBAGAI PENGEMBANGAN MAKANAN POPULER BERBAHAN KOMODITAS LOKAL. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Desiyanti Dwi Siwi_21710010-kuliner.pdf] Text
Desiyanti Dwi Siwi_21710010-kuliner.pdf

Download (714kB)

Abstract

ABSTRACT

As time goes by, not only technology but food has become more diverse in taste, shape, and texture. Burgers are a trendy food among people, generally, the filling for burgers is a beef patty or chicken, and some even use patties made from fish. Therefore, in this research, an eel-based burger patty product innovation was carried out with the name Crunchy Eel Burger and the Local Innovation trademark. This research aims to determine the shape, color, material, typography, and composition of visual branding and public acceptance of packaging branding. The method used is descriptive qualitative with data collection techniques through observation and questionnaires via Google Forms to determine the acceptability of packaging and data processing via STP. The final stage, namely the conclusion, produces a packaging design that has been created to provide a clear identity through the logo and packaging.
Keywords: Burger, Patty, Eel, Branding.

ABSTRAK

Semakin lama zaman semakin berkembang, tidak hanya teknologi tetapi makanan sudah banyak beraneka ragam dari rasa, bentuk, dan tekstur. Burger merupakan makanan yang sangat popular dikalangan masyarakat, pada umumnya isian burger yaitu patty daging sapi, daging ayam, bahkan sudah ada yang menggunakan patty dengan bahan dasar ikan. Maka dari itu, pada penelitian ini dilakukan inovasi produk patty burger berbahan dasar belut dengan nama produk Crunchy Eel Burger dan merek dagang Lokal Inovasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk, warna, bahan, typografi, dan komposisi pada visual branding serta daya terima masyarakat terhadap branding kemasan. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner melalui google form untuk mengetahui daya terima kemasan dan pengolahan data melalui STP. Tahapan terakhir yaitu kesimpulan menghasilkan perancangan desain kemasan yang telah dibuat memberikan identitas yang jelas melalui logo dan kemasan.
Kata Kunci: Burger, Patty, Belut, Branding.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1. Akhmad Guntawan, S.S., M.Pd. ; 2. Annga Dwi Firmanto, S.si, M.T
Uncontrolled Keywords: Burger, belut, patty, branding
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Pariwisata > Prodi Seni Kuliner
Depositing User: Desiyanti Dwi Siwi
Date Deposited: 30 Aug 2024 06:51
Last Modified: 30 Aug 2024 06:51
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9557

Actions (login required)

View Item
View Item