PERANCANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC DAN MEDIA PROMOSI UNTUK UMKM ES MAMANG

LAODE AGARA, IKSA (2024) PERANCANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC DAN MEDIA PROMOSI UNTUK UMKM ES MAMANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC DAN MEDIA PROMOSI UNTUK UMKM ES MAMANG] Text (PERANCANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC DAN MEDIA PROMOSI UNTUK UMKM ES MAMANG)
TA2024_DG2B_14_IKSA LAODE AGARA_LAPORAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
In this digital era, attractive visual media is a key to a successful product
promotion, especially for Micro/Small/Medium Enterprises (MSMes) like Es
Mamang. In promoting their products, Es Mamang has never tried to make motion
graphic video, so their promotional media looks monotonous. In fact, motion
graphic video is suitable for their target market; young people. Therefore, the
motion graphic is designed to become a new attraction for Es Mamang as a brand.
The obeservation, interviews with Es Mamang marketing team, distributes
questionnaires to Es Mamang instagram followers, and study literature are
conducted, so it can reflect the target market interest. Effective motion graphic
video design not only increasing products' visual appeal, but also strengthen brand
indentity and deliver marketing message efficiently. Motion graphic video also
make the information is easy to be delivered and understood in 40 second video.
This motion graphic design is hoped to be an effective solution in increasing Es
Mamang brand image. Motion graphic as a media promotion is designed to be more
attractive and clearer, so Es Mamang's potential buyer will purchase the products.
Keywords: Promotional media, motion graphic, Es Mamang.

Dalam era digital saat ini, keberadaan media visual yang menarik menjadi
kunci sukses untuk mempromosikan produk, terutama bagi (UMKM) seperti Es
Mamang. Dalam berpromosi, Es Mamanng belum pernah mencoba video motion
graphic sehingga media promosinya terlihat monoton, padahal media promosi
tersebut cocok untuk target pasar Es Mamang yaitu anak muda yang kekinian.
Perancangan motion graphic ini dibuat agar menjadi daya tarik baru bagi brand Es
Mamang. Oleh karena itu, penulis melakukan pengumpulan data menggunakan
metode observasi, wawancara tim marketing Es Mamang, penyebaran kuisioner ke
followers instagram Es Mamang, dan studi pustaka. Dengan demikian konsep
visual yang akan diterapkan kali ini dapat sesuai dengan ketertarikan taget
pasarnya. Perancangan video motion graphic yang efektif tidak hanya mampu
meningkatkan daya tarik visual produk, tetapi juga dapat memperkuat identitas
merek dan menyampaikan pesan pemasaran dengan efisien. Media ini juga
mempunyai keunggulan yaitu informasi yang ingin disampaikan lebih mudah
diserap karena video promosi motion graphic yang dibuat berdurasi 40 detik.
Perancangan karya ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan
citra brand Es Mamang. Media promosi terbaru berbasis motion graphic lebih
menarik dan jelas sehingga calon pembeli baru berminat untuk membeli produk Es
Mamang
Kata kunci : Media promosi, Motion graphic, Es Mamang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Ifah Athur Kurniati, M.I.Kom., Dosen Pembimbing I. ; 2. Budi Utomo, M.I.Kom., Dosen Pembimbing II.
Uncontrolled Keywords: Keywords: Promotional media, motion graphic, Es Mamang. Kata kunci : Media promosi, Motion graphic, Es Mamang.
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Desain Grafis
Depositing User: IKSA LAODE AGARA
Date Deposited: 23 Aug 2024 09:13
Last Modified: 23 Aug 2024 09:13
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9685

Actions (login required)

View Item
View Item