PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UMKM SAMBAL SI NONA

Faiza Putri Kirana, Alya (0022) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UMKM SAMBAL SI NONA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UMKM SAMBAL SI NONA] Text (PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UMKM SAMBAL SI NONA)
TA 2024_E_06_ALYA FAIZA PUTRI KIRANA_REPOSITORY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

In today's highly competitive business era, logos are an important aspect of establishing a strong brand identity, creating visual appeal, and conveying brand values to customers. One of the common problems that occur in some MSMEs is the lack of visual appeal, making it difficult for products to compete in a competitive market and looking outdated due to unresponsiveness to graphic design trends. This research aims to give Sambal Si Nona a new attractive face in accordance with the latest design trends, not only
to improve the appearance but also to increase sales through
creative graphic design that attracts young people. This research uses a qualitative method with a case study approach to Sambal Si Nona MSMEs. The results showed that redesigning the logo by following the latest design trends can improve visual appeal and brand recognition.
Keywords: logo, brand identity, visual, MSMEs

Di era bisnis yang sangat kompetitif saat ini, logo merupakan aspek penting dari pembentukan identitas merek yang kuat, menciptakan daya tarik visual, dan menyampaikan nilai-nilai merek kepada pelanggan. Salah satu masalah umum yang terjadi pada beberapa UMKM adalah kurangnya daya tarik visual, sehingga produk sulit bersaing di pasar yang penuh persaingan dan terlihat ketinggalan zaman karena ketidakresponsifan terhadap tren desain grafis. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan Sambal Si Nona wajah
baru yang menarik sesuai dengan tren desain terbaru, tidak hanya untuk meningkatkan tampilan tetapi juga untuk meningkatkan penjualan melalui desain grafis kreatif yang menarik anak muda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada UMKM Sambal Si Nona. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan ulang logo dengan mengikuti tren desain terbaru dapat meningkatkan daya tarik visual dan pengenalan merek.
Kata Kunci: logo, identitas merek, visual, UMKM

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Nama Dosen Pembimbing 1:Anindita Budi Astuti, S.E., M.M. ; Nama Dosen Pembimbing 2:Rezki Tanrere Gautama, M.Ds.
Uncontrolled Keywords: logo, identitas merek, visual, UMKM, logo, brand identity, visual, MSMEs
Subjects: N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Alya Faiza Putri Kirana
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:44
Last Modified: 29 Aug 2024 02:44
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9973

Actions (login required)

View Item
View Item