PENERAPAN METODE GDLC (GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE) DENGAN IMPROVISASI MEKANIK GAMEPLAY GAME RETRO PADA GAME “BALL RUN”

Akbar, Muhamad (2024) PENERAPAN METODE GDLC (GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE) DENGAN IMPROVISASI MEKANIK GAMEPLAY GAME RETRO PADA GAME “BALL RUN”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENERAPAN METODE GDLC (GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE) DENGAN IMPROVISASI MEKANIK GAMEPLAY GAME RETRO PADA GAME “BALL RUN”] Text (PENERAPAN METODE GDLC (GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE) DENGAN IMPROVISASI MEKANIK GAMEPLAY GAME RETRO PADA GAME “BALL RUN”)
Laporan TA BR Anthology_Muhamad Akbar 20210043-1-15.pdf

Download (577kB)

Abstract

The purpose of this research is to rebuild a retro game with modern
mechanical improvements. In developing the game, the author uses the Game
Development Life Cycle (GDLC) method to facilitate a structured game
development process. This method was chosen over others like MDLC because
GDLC is more efficient from the development stage to game testing. The GDLC
method was selected due to its ease of understanding and support in game
maintenance. The casual genre game "Ball Run" was developed by adding features
not present in the previous version. Improvements include adjustments to the main
camera perspective, the addition of dash features, and dodge features, aiming to
create a more modern gameplay experience without losing the nostalgic feel. Based
on the production results and various tests at each stage, the features and
improvements implemented in the game "Ball Run" were deemed successful. This
is also supported by testing data showing an 81% satisfaction rate and positive,
constructive feedback from the public regarding game maintenance.

Penelitian ini ditujukan untuk membangun ulang sebuah game retro dengan
improvisasi mekanik lebih modern didalam game. Dalam membangun game,
penulis menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle) untuk
membantu proses pengerjaan game secara terstruktur. Metode ini dipilih
dibandingkan metode lain seperti MDLC, sebab metode GDLC lebih efisien dari
tahap pengerjaan hingga pengujian game. Metode GDLC digunakan dengan alas an
metodenya mudah dipahami dan menunjang dalam pemeliharaan game. Game Ball
Run dengan genre casual dibangun dengan mengembangkan fitur yang belum ada
di versi sebelumnya. Improvisasi yang dibangun dari segi sudut pandang kamera
utama, fitur dash, serta fitur dodge yang dibuat untuk menciptakan pengalaman
bermain yang lebih modern tetapi tidak meninggalkan kesan bernostalgia.
Berdasarkan hasil produksi dan berbagai pengujian disetiap tahap, fitur-fitur dan
improvisasi yang diterapkan pada game Ball Run dikatakan berhasil. Hal ini
didukung pula dengan data hasil testing yang dilakukan mendapat 81% persentase
kepuasan serta respon dari publik yang bersifat positif dan membangun dalam
pemeliharaan game.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Yeni Nurhasanah, S.Pd., M.T. ; 2. Prily Fitria Aziz, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Improvisation, GDLC, Retro, Mechanics, Improvisasi, Retro, Mekanik
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 13 Feb 2025 04:06
Last Modified: 13 Feb 2025 04:06
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item
View Item