Nainggolan, Hilmi Ananta Haidar (2024) PERANCANGAN UI/UX DENGAN CHILD-CENTERED DESIGN PADA GAME “SiCerdik”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN UI/UX DENGAN CHILD-CENTERED DESIGN PADA GAME “SiCerdik” [thumbnail of PERANCANGAN UI/UX DENGAN CHILD-CENTERED DESIGN PADA GAME “SiCerdik”]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN_TUGAS_AKHIR_20210033-1-14.pdf
Download (763kB)
Abstract
This research aims to design the User Interface (UI) and User Experience (UX) for
educational games using a child-centered design methodology. This approach
focuses on the needs, abilities, and preferences of children at every stage of the
design process. The UI/UX design is intended to offer a simple and engaging
interface through user research involving direct interaction with children and
consultation sessions with educational experts. The game's appeal is enhanced by
visual elements such as bright colors, fun graphics, and child-friendly animations.
Positive feedback and natural interaction help children stay motivated and focused
on learning. Significant attention is also given to aspects such as safety and privacy to
protect children's information. To optimize the educational benefits, tools
supporting parents and teachers, such as progress reports and usage guides, are
included. This method results in educational games for children that are not only
safe and inclusive but also enjoyable and engaging.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dari desain Antarmuka Pengguna (UI)
dan Pengalaman Pengguna (UX) untuk permainan edukatif menggunakan
metodologi child-centered design yang Berpusat pada Anak-anak. Pendekatan ini
memusatkan setiap tahap proses desain pada anak-anak dengan mempertimbangkan
kebutuhan, kemampuan, dan preferensi mereka. Desain UI/UX dibuat untuk
menawarkan antarmuka yang sederhana dan menghibur melalui penelitian
pengguna yang melibatkan interaksi langsung dengan anak-anak dan sesi konsultasi
dengan pakar pendidikan. Daya tarik permainan ditingkatkan oleh elemen visual
termasuk warna-warna cerah, grafis yang menyenangkan, dan animasi yang ramah
anak. Umpan balik positif dan interaksi alami membantu anak-anak tetap
termotivasi dan fokus pada pembelajaran. Aspek-aspek seperti keamanan dan
privasi juga diberikan perhatian besar untuk melindungi informasi anak-anak.
Untuk mengoptimalkan manfaat permainan edukasi, alat-alat yang mendukung
orang tua dan guru seperti laporan kemajuan dan panduan penggunaan juga
disertakan. Metode ini menghasilkan permainan edukasi untuk anak-anak yang
tidak hanya aman dan inklusif, tetapi juga menyenangkan dan menarik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Rudy Cahyadi, S.SI, MT., Dosen Pembimbing 1 ; 2. Eka Desy Asgawanti, S.S., M.Pd., Dosen Pembimbing 2 |
Uncontrolled Keywords: | UI/UX Design, Child-Centered Design, Educational Games, Perancangan UI/UX, Child-Centered Design, PermainanEduka |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 04:06 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 04:06 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/103 |