PENGEMBANGAN MOTIF GONG SI BOLONG PADA BUSANA HANBOK MODEST WEAR (STUDI KASUS UMKM IBOOO)

Susanti., Susanti (2024) PENGEMBANGAN MOTIF GONG SI BOLONG PADA BUSANA HANBOK MODEST WEAR (STUDI KASUS UMKM IBOOO). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MOTIF GONG SI BOLONG PADA BUSANA HANBOK MODEST WEAR (STUDI KASUS UMKM IBOOO)] Text (PENGEMBANGAN MOTIF GONG SI BOLONG PADA BUSANA HANBOK MODEST WEAR (STUDI KASUS UMKM IBOOO))
CETAK CD-1-14.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (552kB)

Abstract

Ibooo adalah brand butik fashion yang menghadirkan pakaian modest wear dengan sentuhan etnik batik yang unik. Ibooo memiliki permasalahan terkait produk dan tarket marketnya yang mana selama ini hanya berupa baju modest gamis dengan pasar wanita dewasa usia 35-55 tahun. Tujuan penelitian ini adalah membuat desain produk baru dan pasar yang baru sehingga dapat meningkatkan pendapatan serta menambah variasi koleksi produk. Eksplorasi yang digunakan adalah motif Gong si Bolong yang telah di stilasi dan dikombinasikan pada busana Korea tradisional hanbok. Metode penelitian ini kualitatif eksplorasi dengan menggunakan Design thinking Double yang terdiri dari 4 fase mulai dari Discover, Define, Develop, dan Deliver. Hasil penelitian pengembangan motif Gong si Bolong pada busana Hanbok Modest Wear. Hasil Produk adalah 3 look busana berupa atasan atau jaegori, rok atau chima, dan celana yang diproses berdasarkan tahapan design thinking yang dimulai dari analisis design, membuat pola, pecah pola, memotong bahan, menjahit, fitting hingga proses photoshoot. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan motif gong si bolong pada busana hanbok modest wear siap pakai untuk wanita usia 20-35 tahun dengan style feminine casual dan look Korean tradisional.

Ibooo is a fashion boutique brand that presents modest wear clothing with a unique ethnic batik touch. Ibooo has problems related to its product and target market, which so far has only been modest gamis clothes with the market being adult women aged 35-55 years. The aim of this research is to create new product designs and new markets so that it can increase income and increase the variety of product collections. The exploration used is the Gong si Bolong motif which has been stylized and combined with traditional Korean hanbok clothing. This research method is qualitative exploration using Double Design thinking which consists of 4 phases starting from Discover, Define, Develop, and Deliver. Results of research on the development of the Gong si Bolong motif on Modest Wear Hanbok clothing. The product results are 3 clothing looks in the form of tops or jaegori, skirts or chima, and trousers which are processed based on the design thinking stages starting from design analysis, making patterns, breaking patterns, cutting materials, sewing, fitting to the photoshoot process. So it can be concluded that the development of the gong si bolong motif in ready to-wear modest wear hanbok clothing for women aged 20-35 years with a feminine casula style and traditional Korean look.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Pratiwi Kusumowardhani, M.Ds. ; 2. Hesti Nurhayati, S.H., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Batik Depok, Motif Gong si Bolong, Hanbok, Modest Wear, Depok Batik, Gong si Bolong Pattern
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 746 Seni tekstil
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Mode
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 04 Jun 2025 08:17
Last Modified: 04 Jun 2025 08:17
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1035

Actions (login required)

View Item
View Item