PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF EDUKASI ANAK MENGENAI BATASAN PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA SDIT RAHMANIYAH DEPOK

Raisa Harjita Mutiara, Mutiara (2024) PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF EDUKASI ANAK MENGENAI BATASAN PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA SDIT RAHMANIYAH DEPOK. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF EDUKASI ANAK MENGENAI BATASAN PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA SDIT RAHMANIYAH DEPOK] Text (PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF EDUKASI ANAK MENGENAI BATASAN PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA SDIT RAHMANIYAH DEPOK)
TA2024_C_22_MUTIARA RAISA HARJITA_Laporan-1-14.pdf

Download (901kB)

Abstract

Nowadays, the use of gadgets in the world is increasing rapidly, almost everyone
uses gadgets, including children. Therefore, it is necessary to educate children
about the limits of gadget use. Interactive books can be one of the educational
media for children to limit the use of gadgets. The interactive book in this book
will be applied at SDIT Rahmaniyah Depok. The research method used is
quantitative by using literature study, observation, questionnaires, and interviews
to collect sample data. The purpose and benefits of this book are expected to
educate children to limit themselves in using gadgets. The result of this book is an
interactive book that contains a story as a delivery of education also using
cartoon illustrations. The education in the book includes an introduction to
gadgets, what can be done using gadgets, time limits for using gadgets, positive
and negative impacts of gadgets, and what activities can be done besides playing
gadgets. Interactive activities in the book include three method: Interactive
Participation, Interactive Peek a Boo, and Interactive Game. In addition, this
book has several supporting below the line media that support the book. So it is
hoped that this book can divert the attention of children, especially the students of
SDIT Rahmaniyah Depok on the use of gadgets and can apply the lessons
contained in this interactive book well.
Dewasa ini penggunaan Gadget di dunia meningkat pesat, hampir semua orang
menggunakan gadget, tak terkecuali anak-anak. Oleh karena itu perlu adanya
edukasi bagi anak-anak mengenai batasan penggunaan gadget. Buku interaktif
dapat menjadi salah satu media edukasi bagi anak untuk membatasi penggunaan
gadget. Buku interaktif pada perancangan ini akan diterapkan di SDIT
Rahmaniyah Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan
menggunakan metode studi pustaka, observasi, kuesioner, dan wawancara untuk
pengambilan data sampel. Tujuan dan manfaat dari perancangan ini diharapkan
dapat mengedukasi anak untuk membatasi diri dalam menggunakan gadget. Hasil
dari perancangan ini adalah buku interaktif yang berisikan cerita sebagai
penyampaian edukasi juga menggunakan ilustrasi kartun. Edukasi di dalam buku
mencakup pengenalan gadget, apa saja yang dapat dilakukan dengan
menggunakan gadget, batasan waktu penggunaan gadget, dampak positif dan
negatif gadget, serta aktivitas apa yang bisa dilakukan selain bermain gadget.
Aktivitas interaktif pada buku mencakup tiga metode: Interaktif Participation,
Interaktif Peek a Boo, dan Interaktif Game. Selain itu, buku ini memiliki beberapa
media pendukung below the line yang mendukung buku. Sehingga diharapkan
perancangan ini dapat mengalihkan perhatian anak-anak terutama pada siswa
SDIT Rahmaniyah Depok pada penggunaan gadget serta bisa menerapkan
pelajaran yang terdapat di dalam buku interaktif ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dr. Dayu Sri Herti, S.Pd., M.Sn., selaku pembimbing satu Yusuf Nurrachman, S.T., M.M.S.I., selaku pembimbing dua
Uncontrolled Keywords: Keywords: interactive book, education, limitation, gadget, children Kata kunci: buku interaktif, edukasi, batasan, gadget, anak
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 13 Feb 2025 03:56
Last Modified: 13 Feb 2025 03:56
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/104

Actions (login required)

View Item
View Item