PENULISAN NASKAH BUKU ANAK INTERAKTIF “KISAH NALA DANLILU”

Dewi, Renata Putri Kinasih (2024) PENULISAN NASKAH BUKU ANAK INTERAKTIF “KISAH NALA DANLILU”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENULISAN NASKAH BUKU ANAK INTERAKTIF “KISAH NALA DANLILU”] Text (PENULISAN NASKAH BUKU ANAK INTERAKTIF “KISAH NALA DANLILU”)
LAPORAN TA RENATA PUTRI-1-15.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (443kB)

Abstract

Buku interaktif “Kisah Nala dan Lilu” merupakan buku anak yang bertemakan
persahabatan dan kerja sama bertujuan agar anak-anak saling menghormati dan
bekerja sama. Pada penyusunannya, penulis berperan sebagai pengarang. Tugas
akhir ini bertujuan untuk menjelaskan penulisan buku anak “Kisah Nala dan Lilu”.
Pustaka yang penulis gunakan yaitu penulisan naskah buku anak bertemakan
persahabatan dan kerja sama. Adapun pada penyusunannya, penulis menerapkan
teori langkah-langkah menulis sesuai dengan pemaparan Trimansyah dalam
bukunya yang berjudul Panduan Penulisan Buku Cerita Anak (2020). Penulisan
tugas akhir ini ditulis menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan
data studi Pustaka. Penulisan ini dilakukan menggunakan teori Trimansyah (2020),
yaitu (1) pratulis, meliputi mengembangkan gagasan cerita (tema), mengumpulkan
bahan cerita, menetapkan judul cerita, menentukan tokoh cerita, menyusun sinopsis,
dan membuat papan cerita. (2) membuat draf, meliputi memulai cerita,
menghidupkan tokoh cerita, menysisipkan dialog, mengembangkan alur cerita, dan
mengakhiri cerita. (3) merevisi, (4) menyunting, dan (5) menerbitkan. Hasil
pembuatan penulisan ini diwujudkan dalam bentuk buku anak interaktif.
Simpulannya, dengan tahapan tersebut, penulis telah menyusun penulisan dengan
menghasilkan cerita buku anak “Kisah Nala dan Lilu”.

The interactive book "The Story of Nala and Lilu" is a children's book with the
theme of friendship and cooperation that aims to make children respect each other
and work together. In the preparation, the writer acts as an author. This final
project aims to explain the writing of the children's book "Kisah Nala dan Lilu".
The literature that the author uses is the writing of children's book manuscripts with
the theme of friendship and cooperation. As for the preparation, the author applies
the theory of writing steps according to Trimansyah's explanation in his book
entitled Guide to Writing Children's Storybooks (2020). This final project writing
is written using a descriptive method with literature study data collection
techniques. This writing is done using Trimansyah's theory (2020), namely (1) prewriting, including developing story ideas (themes), collecting story materials,
determining story titles, determining story characters, compiling synopses, and
making storyboards. (2) drafting, including starting the story, bringing the
characters to life, inserting dialogue, developing the storyline, and ending the story.
(3) revising, (4) editing, and (5) publishing. The result of this writing is realised in
the form of an interactive children's book. In conclusion, with these stages, the
author has compiled writing by producing a children's book story "The Story of
Nala and Lilu".

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Diah Amelia, S.Hum., M.Si., Sebagai dosen pembimbing I ; 2. Suratni S.S., M.Hum., Sebagai dosen pembimbing II
Uncontrolled Keywords: buku anak, penulisan, interaktif, children's books, writing, interactive
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Penerbitan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 18 Jun 2025 03:58
Last Modified: 18 Jun 2025 03:58
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1058

Actions (login required)

View Item
View Item