Putra, Mukti Kurnia (2024) RETOPOLOGY 3D OBYEK PADA GIM “KEVIN IN TERMINAL CONSOLE”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![RETOPOLOGY 3D OBYEK PADA GIM “KEVIN IN TERMINAL CONSOLE” [thumbnail of RETOPOLOGY 3D OBYEK PADA GIM “KEVIN IN TERMINAL CONSOLE”]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RETOPOLOGY 3D OBJEK PADA GAME KEVIN IN TERMINAL CONSOLE-1-15.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Optimisasi pada Obyek 3D terkadang dihiraukan karena pada umumnya seorang
3D artist hanya terfokus dalam pembuatan 3D obyek high poly dan low poly. High
poly adalah istilah dari obyek 3D yang memiliki detail dan jumlah vertex yang
banyak sehingga menjadi masalah tersendiri bagi seorang 3D artist Ketika
menggunakan obyek 3D high poly dalam proses pembuatan gim. 3D artist memiliki
keraguan dalam mengurangi jumlah vertex pada obyek yang telah dibuat dengan
sangat detail, membuat detail pada obyek tersebut akan semakin hilang. Retopology
menjadi langkah yang tepat dalam masalah ini sehingga obyek 3D yang melalui
tahap Retopology akan mengurangi jumlah vertex pada obyek sehingga ukuran file
pada obyek menjadi kecil tanpa mengurangi banyak detail yang dimiliki obyek 3D
tersebut. Pada laporan tugas akhir ini terbukti Retopology sangat ampuh untuk
menyelesaikan masalah tersebut sehingga asset-asset yang dilakukan Retopology
lebih optimal pada gim. Metode Gim Development Life Cycle (GDLC) adalah
sebuah metode mengembangkan sebuah permainan dari awal hingga akhir.
Optimization of 3D objects is sometimes ignored because in general a 3D artist is
only focused on making high poly and low poly 3D objects. High poly is a term for
3D objects that have a lot of detail and vertex count, so it becomes a problem for a
3D artist when using high poly 3D objects in the game creation process. 3D artists
have doubts in reducing the number of vertices on objects that have been made with
great detail, making the details on the object even more lost. Retopology is the right
step in this problem so that 3D objects that go through the Retopology stage will
reduce the number of vertices on the object so that the file size on the object
becomes small without reducing the amount of detail that the 3D object has. In this
final project report, it is proven that Retopology is very powerful to solve this
problem so that the assets that are retopologized are more optimal in the game. The
Game Development Life Cycle (GDLC) method is a method of developing a game
from start to finish.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Rudy Cahyadi, M.T, Sebagai Pembimbing I ; 2. Ilham Khalid Setiawan, ST. Sebagai Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | optimisasi vertex, pengembangan gim, Retopology, optimization vertex, 3D Asset, game development |
Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 08:15 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 08:15 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1062 |