PERANCANGAN DESAIN GAME “GARASI GIZI” BERBASIS ANDROID 2D SEBAGAI MEDIA EDUKASI

Assyifa, Putri Balqis (2024) PERANCANGAN DESAIN GAME “GARASI GIZI” BERBASIS ANDROID 2D SEBAGAI MEDIA EDUKASI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN DESAIN GAME “GARASI GIZI” BERBASIS ANDROID 2D SEBAGAI MEDIA EDUKASI] Text (PERANCANGAN DESAIN GAME “GARASI GIZI” BERBASIS ANDROID 2D SEBAGAI MEDIA EDUKASI)
(Full Teks) Laporan TA_Putri Balqis Assyifa_20210070-1-16.pdf

Download (578kB)

Abstract

The limited understanding of balanced nutrition within society has become a
critical issue that requires innovative solutions. According to Alfiah et al. (2021),
one effective method is the creation of educational games. The way
communication and presentation are handled within the game significantly
contributes to the speed of context comprehension during development. This study
focuses on the design process by adopting the Game Development Life Cycle
(GDLC) method, which includes the stages of initiation, pre-production,
production, alpha testing, beta testing, release, and post-production for the game
"Garasi Gizi." Questionnaires were used to evaluate the educational effectiveness
of the game. The findings concluded that the majority of respondents, 97.22% of
12 respondents, highly accepted the feasibility of "Garasi Gizi" based on system
quality, information quality, and user satisfaction aspects. Thus, this game has the
potential to become a modern learning tool for disseminating knowledge about
balanced nutrition through a 2D Android-based game.

Keterbatasan pemahaman gizi seimbang di masyarakat menjadi isu kritis yang
memerlukan solusi inovatif, menurut (Alfiah et al., 2021) salah satu caranya
dengan pembuatan game edukasi. Cara berkomunikasi dan penyajian di dalam
game berkontribusi signifikan pada kecepatan pemahaman konteks selama
pengembangan. Penelitian ini berfokus pada perancangan desain dengan
mengadopsi metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang melalui tahapan
inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian alpha, pengujian beta, rilis, dan pasca
produksi pada game "Garasi Gizi" dengan menggunakan kuesioner sebagai
evaluasi media edukasinya. Hasil dari penelitian ini didapatkan Kesimpulan
bahwa mayoritas responden sangaat menerima kelayakan game Garasi gizi
berdasarkan aspek kualitas sistem, informasi, dan kepuasan pengguna sebesar
97,22% dari 12 responden. Dengan begitu, game ini dapat berpotensi menjadi alat
pembelajaran modern untuk menyebarkan pengetahuan tentang gizi seimbang
melalui game 2D berbasis Android.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Yeni Nurhasanah, S.Pd., MT., ; 2. Prilly Fitria Aziz, S.Kom., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Balanced Nutrition, Game Development Life Cycle, Game Design, Gizi Seimbang, Game Development Life Cycle, Desain Game
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 13 Feb 2025 04:42
Last Modified: 13 Feb 2025 04:42
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item
View Item