Simatupang, Rachel Romega Telem (2024) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA BUKU ENSIKLOPEDIA MINI-ALAT MUSIK INDONESIA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA BUKU ENSIKLOPEDIA MINI-ALAT MUSIK INDONESIA [thumbnail of IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA BUKU ENSIKLOPEDIA MINI-ALAT MUSIK INDONESIA]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan TA-Rachel Romega Telem Simatupang-20240108-1-14.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (955kB)
Abstract
Di era digital, hampir separuh anak usia dini di Indonesia sudah menggunakan
perangkat gawai dan internet, menunjukkan potensi besar untuk memanfaatkan
teknologi dalam pendidikan. Aplikasi berbasis Android dan teknologi Augmented
Reality (AR) dapat menjadi solusi efektif untuk memperkenalkan dan
melestarikan musik tradisional. Menggunakan metode Multimedia Development
Life Cycle (MDLC), aplikasi ini mengintegrasikan buku "Ensiklopedia Mini –
Alat Musik Indonesia" sebagai marker AR untuk memberikan pengalaman belajar
interaktif, meningkatkan pengetahuan dan minat anak-anak terhadap alat musik
tradisional Indonesia. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan, agar generasi muda
Indonesia terkhusus anak-anak, dapat lebih mengenal budaya sendiri, terutama
alat music tradisional yang menjadi salah satu bagian dari warisan budaya
Indonesia.
In the digital era, almost half of early childhood in Indonesia already uses
gadgets and the internet, showing great potential to utilize technology in
education. Android-based applications and Augmented Reality (AR) technology
can be an effective solution to introduce and preserve traditional music. Using the
Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method, this application integrates
the book "Mini Encyclopedia – Indonesian Musical Instruments" as an AR marker
to provide an interactive learning experience, increasing children's knowledge
and interest in traditional Indonesian musical instruments. This application was
created with the aim that the young generation of Indonesia, especially children,
can get to know their own culture better, especially traditional musical
instruments which are part of Indonesia's cultural heritage.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Bapak Nofiandri Setyasmara, MT., selaku Dosen Pembimbing I ; 2. Bapak Rudy Cahyadi, S.Si, MT, selaku Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Teknologi pendidikan, Aplikasi Android, Musik tradisional Indonesia, Marker AR, Budaya Indonesia, Educational technology, Android Application, Augmented Reality (AR), Indonesian traditional music, AR Markers, Indonesian Culture |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 04:02 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 04:02 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1075 |