PENGEMBANGAN GAME "LITERARY QUEST" SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS GAME-BASED LEARNING

Baihaqi, Muhammad Adib (2024) PENGEMBANGAN GAME "LITERARY QUEST" SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS GAME-BASED LEARNING. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGEMBANGAN GAME "LITERARY QUEST" SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS GAME-BASED LEARNING] Text (PENGEMBANGAN GAME "LITERARY QUEST" SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS GAME-BASED LEARNING)
LAPORAN TUGAS AKHIR_MUHAMMAD ADIB BAIHAQI-1-15.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi mobile games sebagai alat pembelajaran menjadi pilihan
yang relevan dalam konteks realitas digital yang saat ini sedang terjadi. Lalu
bagaimana cara mengintegrasikan materi yang sesuai dengan kurikulum sekolah ke
dalam game tersebut? Disini penulis akan merancang dan mengembangkan aplikasi
mobile games menggunakan perangkat lunak komputer Unity yang dapat
digunakan sebagai alat pembelajaran game-based learning guna meningkatkan
kompetensi bahasa Inggris siswa kelas 11 SMA Angkasa 1 Halim Perdanakusuma.
Dari hasil pengujian aplikasi, didapatkan nilai rata-rata dari beta testing sebesar
91%. Hal ini menunjukkan bahwa game sudah berfungsi dengan baik dan siap
untuk digunakan secara massal.

Utilizing mobile games technology as a learning tool is a relevant choice in the
context of the current digital reality. Then how to integrate materials that are in
accordance with the school curriculum into the game? Here the author will design
and develop a mobile games application using Unity computer software that can
be used as a game-based learning tool to improve the English competence of 11th
grade students of SMA Angkasa 1 Halim Perdanakusuma. From the results of
application testing, the average value of beta testing is 91%. This shows that the
game is functioning properly and ready for mass use.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Ibu Sari Setyaning Tyas, S.Kom., M.Ti. ; 2. Ibu Yuyun Khairunusa, S.Si., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: mobile games, game-based learning, Unity, GDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 20 Jun 2025 04:19
Last Modified: 20 Jun 2025 04:19
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1076

Actions (login required)

View Item
View Item