DESAIN MODEL FINITE STATE MACHINE PADA NPC PENGEMBANGAN GAME TURN-BASED RPG “HISTORY OF MATARAM ISLAM”

Hartono, Azmi Munif (2024) DESAIN MODEL FINITE STATE MACHINE PADA NPC PENGEMBANGAN GAME TURN-BASED RPG “HISTORY OF MATARAM ISLAM”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of DESAIN MODEL FINITE STATE MACHINE PADA NPC PENGEMBANGAN GAME TURN-BASED RPG “HISTORY OF MATARAM ISLAM”] Text (DESAIN MODEL FINITE STATE MACHINE PADA NPC PENGEMBANGAN GAME TURN-BASED RPG “HISTORY OF MATARAM ISLAM”)
TA D4 Azmi Munif Hartono Final-1-15.pdf

Download (944kB)

Abstract

With the rapid advancement of technology, various innovative methods can be
applied in the educational process. However, the learning of history is often
perceived as boring by students due to the lack of interactivity in traditional
teaching methods. To address this issue, teachers can leverage new technological
media, one of which is gaming. This research aims to develop a turn-based RPG
(Role Playing Game) application with the theme of Islamic Mataram history. The
primary goal of this research is to make history learning more interactive and
engaging for students. The method used in the development process of this
application is the Game Development Life Cycle (GDLC), which consists of six
stages: Initialization, Pre-production, Production, Testing, Beta, and Release. The
development is carried out using Unity on an Android-based platform, and it
applies the Finite State Machine (FSM) method to design behavioral responses to
condition changes in turn-based RPG mechanics. The results of this research are
expected to make a significant contribution to enhancing students' interest in
learning history through a more modern and enjoyable approach.

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi, berbagai metode inovatif dapat
diterapkan dalam proses pendidikan. Namun, pembelajaran sejarah sering kali
dianggap membosankan oleh siswa karena kurangnya interaktivitas dalam metode
pengajaran tradisional. Untuk mengatasi hal ini, guru dapat memanfaatkan media
teknologi baru, salah satunya adalah game. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan aplikasi permainan berbasis turn-based RPG (Role Playing
Game) dengan tema sejarah Mataram Islam. Tujuan utama dari penelitian ini
adalah untuk membuat pembelajaran sejarah menjadi lebih interaktif dan menarik
bagi siswa. Metode yang digunakan dalam proses pengembangan aplikasi ini
adalah Game Development Life Cycle (GDLC), yang terdiri dari enam tahap:
Inisialisasi, Pra-produksi, Produksi, Pengujian, Beta, dan Release. Pengembangan
dilakukan menggunakan Unity dengan platform berbasis Android, serta
menerapkan metode Finite State Machine (FSM) untuk mendesain respons
perilaku terhadap perubahan kondisi dalam mekanik turn-based RPG. Hasil dari
penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam
meningkatkan minat belajar sejarah siswa melalui pendekatan yang lebih modern
dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Yeni Nurhasanah, S.Pd., M.T., Pembimbing I ; 2. Muhammad Sakir, S.Pd., M.T., Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: turn-based RPG, GDLC, FSM, Unity, Android
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 13 Feb 2025 04:42
Last Modified: 13 Feb 2025 04:42
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item
View Item