PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGELOMPOKAN HEWAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID

Hasbiyallah, Aby (2020) PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGELOMPOKAN HEWAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGELOMPOKAN HEWAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID] Text (PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGELOMPOKAN HEWAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID)
Laporan Tugas Akhir_AbyHasbiyallah_1781001.pdf

Download (530kB)

Abstract

ABSTRAK
Perancangan dan pembuatan aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan siswa
sekolah dasar mengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanannya sehingga
proses pembelajaran menjadi lebih mudah dipahami. Manfaat Perancangan dan
pembuatan aplikasi ini yaitu dapat digunakan sebagai media pendukung proses
pembelajaran di sekolah dasar. Perancangan dan pembuatan aplikasi ini
menggunakan illustrasi yang dibuat di Adobe Illustrator CC 2019, 3D model dibuat
dengan Autodesk Maya 2017 dan Pemrograman menggunakan Unity 3D. Hasil dari
perancangan dan pembuatan aplikasi ini berupa aplikasi Augmented Reality yang
sudah terhubung dengan pemindai marker yang ada di dalam booklet untuk
menampilkan sebuah objek 3D bentuk badan, suara, dan rahang hewan berdasarkan
jenis makanannya secara nyata.
Keyword: aplikasi, pembelajaran, Augmented Reality

ABSTRACT
The design and manufacture of this application aims to make it easier for
elementary school students to group animals by type of food so that the learning
process becomes easier to understand. Benefits The design and manufacture of this
application can be used as a media to support the learning process in elementary
schools. The design and manufacture of this application uses illustrations created
in Adobe Illustrator CC 2019, 3D models made with Autodesk Maya 2017 and
Programming using Unity 3D. The results of the design and manufacture of this
application in the form of Augmented Reality applications that have been connected
with a marker scanner that is in the booklet to display a 3D object body shape,
sound, and jaws of animals based on the type of food clearly.
Keyword: application, learning, Augmented Reality

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Sari Setyaning Tyas, MT. Yudha Pradana, M.Pd.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 11 Jul 2025 08:32
Last Modified: 11 Jul 2025 08:32
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1103

Actions (login required)

View Item
View Item