PEMBUATAN GAME EDUKASI MENGENAI MATERI HAFALAN DOA – DOA HARIAN SEBAGAI MEDIA BELAJAR BERBASIS ANDROID

SEPTARINI, DINDA (2020) PEMBUATAN GAME EDUKASI MENGENAI MATERI HAFALAN DOA – DOA HARIAN SEBAGAI MEDIA BELAJAR BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN GAME EDUKASI MENGENAI MATERI  HAFALAN DOA – DOA HARIAN SEBAGAI MEDIA  BELAJAR BERBASIS ANDROID] Text (PEMBUATAN GAME EDUKASI MENGENAI MATERI HAFALAN DOA – DOA HARIAN SEBAGAI MEDIA BELAJAR BERBASIS ANDROID)
17810030_Dinda Septarini_Multimedia 6B_Tugas Akhir (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Kemampuan membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an mutlak harus dimiliki oleh
semua umat Islam untuk dapat memahami, menghayati, kemudian mengamalkan apa yang
terkandung di dalamnya. Salah satunya menghafal doa-doa harian yang terdapat pada Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu anak harus ditekankan untuk belajar
membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur’an sejak dini, sehingga mereka mampu
membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an dengan baik dan benar. salah satu caranya
adalah dengan menyekolahkan anak ke lembaga pendidikan berbasis islami seperti SDIT
Mentari Ciangsana. Sekolahan ini menerapkan kurikulum 2013 yang terdapat beberapa
doa-doa harian, namun doa-doa harian tersebut tidak semuanya tercantum dalam buku
paket maupun lembar kerja siswa (LKS). Sekolahan ini juga belum memiliki metode
pembelajaran yang interaktif untuk membantu hafalan murid.
Game edukasi dapat mendorong siswa untuk belajar aktif dan kreatif, dan tidak merasa
bosan saat belajar, serta dapat meningkatkan daya dan minat belajar anak. Game edukasi
yang dibuat diberi nama "Menghafal Doa-Doa harian". Hasil keluaran game yang dibuat
berupa game berbasis Android dengan materi soal-soal yang ditampilkan secara acak dan
beberapa dari buku pelajaran PAI kelas 1 sampai 4, ada juga tambahan doa-doa yang belum
tercantum di buku tersebut, yang digunakan SDIT Mentari Ciangsana.
Kata kunci : game edukasi, SDIT Mentari, menghafal doa-doa harian, media pembelajaran
interaktif.

ABSTRACT
The ability to read, write and memorize the Qur'an absolutely must be possessed by all
Muslims to be able to understand, appreciate, then practice what is contained in it. One of
them memorizes daily prayers found in Islamic Religious Education Subjects. Therefore,
children must be emphasized to learn to read, write and memorize the Qur'an from an early
age, so that they are able to read, write and memorize the Qur'an well and correctly. one
way is to send children to Islamic-based educational institutions such as SDIT Mentari
Ciangsana. This school applies the 2013 curriculum which contains several daily prayers,
but not all of the daily prayers are listed in the textbooks and student worksheets (LKS).
This school also does not yet have interactive learning methods to help students memorize.
Educational games can encourage students to learn actively and creatively, and not feel
bored while studying, and can increase children's learning abilities and interests.
Educational game created is named "Memorizing Daily Prayers". The output of the game
made in the form of an Android-based game with material questions that are displayed
randomly and some of the PAI textbooks grades 1 to 4, there are also additional prayers
that have not been listed in the book, which are used by SDIT Mentari Ciangsana.
Keywords: educational games, SDIT Mentari, memorizing daily prayers, interactive
learning media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Sari Setyaning Tyas, MT. ; 2. Yudha Pradana, M.Pd.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 11 Jul 2025 09:37
Last Modified: 11 Jul 2025 09:37
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1104

Actions (login required)

View Item
View Item