PEMBUATAN BOARD GAME DENGAN AUGMENTED REALITY DALAM MENERAPKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SEKOLAH UNTUK PROMOSI KESEHATAN DI PUSKESMAS KELURAHAN JAGAKARSA II

Putri, Daniah Adjani (2020) PEMBUATAN BOARD GAME DENGAN AUGMENTED REALITY DALAM MENERAPKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SEKOLAH UNTUK PROMOSI KESEHATAN DI PUSKESMAS KELURAHAN JAGAKARSA II. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN BOARD GAME DENGAN AUGMENTED REALITY DALAM MENERAPKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SEKOLAH UNTUK PROMOSI KESEHATAN DI PUSKESMAS KELURAHAN JAGAKARSA II] Text (PEMBUATAN BOARD GAME DENGAN AUGMENTED REALITY DALAM MENERAPKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SEKOLAH UNTUK PROMOSI KESEHATAN DI PUSKESMAS KELURAHAN JAGAKARSA II)
Daniah Adjani Putri (17810006).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Menurut Kepala Puskesmas dan Kepala Divisi Promosi Kesehatan Puskesmas Kelurahan Jagakarsa
II, kegiatan penyuluhan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah masih kurang dalam
menarik minat siswa untuk ikut serta di dalam kegiatan. Padahal setiap materi penyuluhan
merupakan materi yang penting untuk diajarkan, karena dapat berguna bagi diri sendiri, lingkungan,
maupun orang – orang di sekitar. Dengan adanya inovasi teknologi dalam dunia pendidikan, maka
penggabungan teknologi Augmented Reality dengan Board Game dapat membawa inovasi baru
terhadap metode penyuluhan dan penyampaian materi yang dapat menarik minat siswa dan
memaksimalkan kegiatan penyuluhan. Media board game dengan penerapan teknologi Augmented
Reality ini diharapkan mampu untuk dapat membantu memaksimalkan berjalannya Promosi
kesehatan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan siswa di pendidikan sekolah
dasar. Data yang dibutuhkan untuk pembuatan karya Tugas Akhir ini adalah melalui metode studi
pustaka dan wawancara narasumber di Puskesmas Kelurahan Jagakarsa II. Pembuatan karya Tugas
Akhir ini menggunakan software Adobe Illustrator untuk mendesain asset grafis, Unity untuk
pemograman aplikasi, Vuforia untuk membuat database augmented reality, dan software pendukung
seperti JDK, SDK untuk dapat membangun program menjadi aplikasi agar dapat dijalankan di
smartphone berbasis android.
Kata Kunci: Board game, Augmented Reality, Promosi Kesehatan, Penyuluhan, Perilaku Hidup
Bersih dan Sehat di Sekolah.

ABSTRACT
According to the Head of the Puskesmas and the Head of the Health Promotion Division at the
Jagakarsa II Puskesmas, counseling activities regarding Clean and Healthy Life Behavior in
Schools are still lacking in attracting students to participate in the activities. In fact, every
counseling material is material that is important to be taught, because it can be useful for yourself,
the environment, and the people around you. With the presence of technological innovations in the
world of education, the merging oftechnology Augmented Reality with Board Games can bring new
innovations to counseling methods and delivery of material that can attract students' interests and
maximize extension activities. Media board game with the application of technology Augmented
Reality is expected to be able to help maximize the running of health promotion to improve the
quality of education and health of students in primary education schools. The data needed to make
this Final Project work is through library research methods and interviewees at the Jagakarsa II
Puskesmas. The making of this Final Project work use software such as Adobe Illustrator for design
graphic assets, Unity for application programming, Vuforia to create augmented reality databases,
and software supporting such as JDK, SDK to build programs into applications that can be run on
Android smartphones based.
Keywords: Board game, Augmented Reality, Health Promotion, Counseling, Clean and Healthy Life
Behavior in Schools.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Nofiandi Setyasmara, M.T. 2. Yudha Pradana, M.Pd.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 14 Jul 2025 01:38
Last Modified: 14 Jul 2025 01:38
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1106

Actions (login required)

View Item
View Item