PEMBUATAN GAME EDUKASI DAUR HIDUP HEWAN BERBASIS ANDROID

Novarry, Alifia Dinda (2020) PEMBUATAN GAME EDUKASI DAUR HIDUP HEWAN BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN GAME EDUKASI DAUR HIDUP HEWAN BERBASIS ANDROID] Text (PEMBUATAN GAME EDUKASI DAUR HIDUP HEWAN BERBASIS ANDROID)
Laporan Tugas Akhir - Alifia Dinda Novarry 17810004.pdf

Download (495kB)

Abstract

ABSTRAK
Pendidikan mengenai daur hidup hewan adalah salah satu materi kelas IV Sekolah
Dasar. Dalam buku kurikulum 2013 buku siswa kelas IV tema 3 peduli terhadap
makhluk hidup, siswa diharapkan mampu memahami materi daur hidup serta
mengamati kejadian alam tersebut dikehidupan sehari-hari. Bimbel Kita ini
menerapkan kurikulum 2013 dalam sistem pembelajaranya dengan menggunakan
metode konvensioanal pada proses belajar-mengajar yaitu, menggunakan buku
paket langsung dari tentor. Namun, Bimbel Kita belum memiliki metode
pembelajaran yang interaktif untuk membantu siswa mempelajari daur hidup
hewan. Dengan pemanfaatan teknologi game edukasi diharapkan dapat membantu
mengatasi permasalahan tersebut serta menjadi media pembelajaran tambahan yang
interaktif. Tidak hanya itu game edukasi juga dapat digunakan sebagai hiburan.
Adapun game edukasi yang dibuat bernama “Funny Animal Life Cycle”. Hasil
keluaran game yang dibuat berupa game berbasis Android dengan materi dan soalsoal yang ditampilkan berasal dari buku tematik kelas IV SD tema 3, buku BSE
Ilmu Pengetahuan Alam: untuk SD/MI Kelas IV, dan buku BSE Ilmu Pengetahuan
Alam 4 : untuk SD/MI kelas IV.
Kata kunci: Daur hidup hewan, game edukasi, ilmu pengetahuan alam.

ABSTRACT
Education about the life cycle of animals is one of the 4th grade elementary school
materials. In the 2013 curriculum book, class 4 students in theme 3 care about
living things, students are expected to be able to understand the life cycle material
and observe natural events in daily life. Bimbel Kita is implementing the 2013
curriculum in its learning system using conventional methods in the teachinglearning process that is, using textbooks directly from tentor. However, Bimbel Kita
does not yet have interactive learning methods to help students learn the life cycle
of animals. The use of educational game technology is expected to help overcome
these problems and become an additional interactive learning media. Not only that
educational games can also be used as entertainment. The educational game made
called "Funny Animal Life Cycle". The output of the game made in the form of an
Android-based game with material and questions displayed comes from the
thematic books grade 4 elementary school theme 3, the book BSE Sciences: for SD
/ MI Class IV, and the book BSE Sciences 4: for SD / MI class IV.
Keywords: Animal life cycle, educational game, science.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 14 Jul 2025 06:07
Last Modified: 14 Jul 2025 06:07
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1122

Actions (login required)

View Item
View Item