Anggraini, Fildha (2020) PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY DALAM MEMBERSIHKAN TANGAN DI SEKOLAH PROGRAM PROMKES (PROMOSI KESEHATAN) DI PUSKESMAS KELURAHAN JAGAKARSA II BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY DALAM MEMBERSIHKAN TANGAN DI SEKOLAH PROGRAM PROMKES (PROMOSI KESEHATAN) DI PUSKESMAS KELURAHAN JAGAKARSA II BERBASIS ANDROID [thumbnail of PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY DALAM MEMBERSIHKAN TANGAN DI SEKOLAH PROGRAM PROMKES (PROMOSI KESEHATAN) DI PUSKESMAS KELURAHAN JAGAKARSA II BERBASIS ANDROID]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
17810167_Fildha Anggraini.pdf
Download (626kB)
Abstract
ABSTRAK
Cuci Tangan merupakan kegiatan yang sangat sederhana namun sangat jarang dilakukan dengan kurangnya ketidaktahuan kebersihan ini yang nantinya akan berdampak timbulnya penyakit pada tubuh anak- anak. Dimana anak- anak masih sangat senang bermain dan tidak menyadari bahwa mereka sedang membawa kuman ke tubuh mereka.
Dengan berdasarkan uraian diatas akan dibuatkan Buku Panduan Cuci Tangan dengan menerapkan teknologi Augmented Reality. Diharapkan buku panduan cuci tangan dan aplikasi interaktif ini dapat mengedukasi anak-anak saat penyuluhan di Puskesmas Jagakarsa II. Dengan adanya bantuan penyuluhan yang dilakukan Puskesmas Jagakarsa II ini, kita bisa membantu anak-anak ini dalam menjaga kebersihan di tubuh si anak.
Dengan adanya buku panduan dan aplikasi interaktif ini dapat mengedukasi masyarakat lebih luas lagi dan membuat penyuluhan Puskesmas Jagakarsa II berjalan lebih interaktif lagi. Dan dengan bantuan aplikasi dalam Augmented Reality dalam penyuluhan dapat mendorong anak-anak untuk belajar aktif dan kreatif, sehingga belajar menjadi terasa menyenangkan.
Pembuatan karya tugas akhir ini menggunakan software Adobe Illustrator untuk desain asset, Unity untuk membangun aplikasi Android, Vuforia untuk membuat database augmented reality, dan beberapa software pendukung seperti JDK, SDK untuk dapat membangun program menjadi aplikasi Android.
Kata kunci: Cuci Tangan , Buku, Aplikasi interaktif, Penyuluhan, Augmented Reality.
ABSTRACT
Hand Washing is a very simple activity but it is very rarely done with a lack of ignorance of this cleanliness which will later have an impact on the emergence of disease in children's bodies. Where children are still very happy to play and do not realize that they are carrying germs to their bodies.
Based on the description above, a Hand Washing Guide will be made by applying Augmented Reality technology. It is expected that this hand washing handbook and interactive application can educate children when counseling at Jagakarsa II Health Center. With the extension assistance provided by Jagakarsa II Health Center, we can help these children in maintaining the cleanliness of the child's body.
With this interactive guidebook and application it can educate the wider community and make the Jagakarsa II Community Health Center counseling more interactive. And with the help of applications in Augmented Reality in counseling can encourage children to learn actively and creatively, so learning becomes fun.
The making of this final project uses Adobe Illustrator software for asset design, Unity to build Android applications, Vuforia to create an augmented reality database, and several supporting software such as JDK, SDK to be able to build programs into Android applications.
Keywords: Hand Washing, Books, Interactive Application, Counseling, Augmented Reality.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Rudy Cahyadi, M.T. 2. Agung Budi Prasetyo, M.T. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 05:22 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 05:22 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1135 |