Pamungkas, Kreshna Faiz (2024) PERANCANGAN GAME 2D KLASIFIKASI HEWAN UNTUK EDUKASI ANAK. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN GAME 2D KLASIFIKASI HEWAN UNTUK EDUKASI ANAK [thumbnail of PERANCANGAN GAME 2D KLASIFIKASI HEWAN UNTUK EDUKASI ANAK]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN TUGAS AKHIR_KRESHNA_ROG STUDIO FIX-1-15.pdf
Download (778kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menembangkan game edukasi 2D berbasis Android
yang dirancang untuk mengajarkan anak-anak mengenali hewan. Latar belakang
dari penelitian ini didukun oleh data BPS yang menunjukkan peningkatan pengguna
smartphone untuk anak berusia di atas 5 tahun. Sementara metode pembelajaran di
sekolah umumnya masih konvensional tanpa memanfaatkan media pembelajaran
yang menarik dan interaktif. Game ini dihadirkan sebagai alternatif pembelajaran
yang menghadirkan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan edukatif.
Game ini mengintegrasikan materi belajar, kuis, penilaian, serta Teknik drag and
drop untuk menciptakan pengalaman belajar yang interaktif. Metode Game
Development Life Cycle (GDLC) dipilih karena terdapat tiga tahap, yaitu tahap
inisiasi, produksi, dan rilis yang diperlukan dalam pengembangan game. Pengujian
beta dilakukan terhadap 10 anak usia 7-10 tahun, dengan hasil rata rata penilaian
86,6% dan respon positif terhadap tampilan menarik serta kategori habitat paling
disukai oleh anak. Diharapkan game ini tidak hanya menjadi alat pembelajaran yan
efektif, tetapi juga meningkatkan interaksi anak-anak denan dunia hewan secara
visual, memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan.
This research aims to develop a 2D educational game for Android designed to teach
children about animals. The background of this research is supported by data from
the BPS indicating an increasing use of smartphones among children above 5 years
old. While conventional school teaching methods often do not utilize engaging and
interactive learning media, this game is presented as an educational alternative
offering a more enjoyable and educational learning experience. The game integrates
learning materials, quizzes, assessments, and drag-and-drop techniques to create an
interactive learning experience. The Game Development Life Cycle (GDLC)
method is chosen for its three stages—initiation, production, and release—essential
in game development. Beta testing was conducted with 10 children aged 7-10 years,
resulting in an average rating of 86.6% and positive responses to the appealing
visuals and preferred habitat categories. It is hoped that this game will not only
serve as an effective learning tool but also enhance children's interaction with the
animal world visually, providing an enjoyable learning experience.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Deddy S.H Tobing, M.Si(Han), Pembimbing I ; 2. Prilly Fitria Aziz, S.Kom., M.Kom., Pembimbing II |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 08:06 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 08:06 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/114 |