Rizki, Muhammad (2020) PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENYEBAB KEBAKARAN LAHAN GAMBUT DI INDONESIA BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENYEBAB KEBAKARAN LAHAN GAMBUT DI INDONESIA BERBASIS ANDROID [thumbnail of PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENYEBAB KEBAKARAN LAHAN GAMBUT DI INDONESIA BERBASIS ANDROID]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
17810016_Muhammad Rizki.pdf
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Edukasi mengenai informasi penyebab kebakaran lahan gambut di Indonesia
merupakan tanggung jawab bersama. Namun edukasi yang dilakukan belum
merata dan masif dalam penyebaran informasi tentang penyebab kebakaran lahan
gambut. Serta media edukasi yang digunakan masih menggunakan media
konvensional yaitu dengan slide power point dan tulisan artikel pada website.
Dengan memanfaatkan teknologi multimedia , mendorong penulis untuk membuat
aplikasi sebagai media edukasi penyebab kebakaran lahan gambut di indonesia.
Dengan aplikasi ini, dapat menjadi media baru dalam kegiatan edukasi dan
membantu Pantau Gambut lebih mudah dalam kegiatan edukasi. Perancangan dan
pembuatan aplikasi ini sebagai media edukasi penyebab kebakaran lahan gambut
ini menggunakan desain user interface dan booklet menggunakan software Adobe
Illustrator, motion graphic, compositing dan rendering menggunakan software
Adobe After Effects, pemrograman aplikasi dan build menggunakan software unity
3D. Vuforia untuk membuat database Augmented Reality dan beberapa software
pendukung seperti JDK, SDK untuk dapat membangun program menjadi aplikasi
Android. Lalu booklet akan menampilkan hasil dari motion graphic dan akan di
munculkan dengan Augmented Reality.
Kata Kunci : Lahan Gambut, Edukasi, Augmented Reality, Booklet
ABSTRACT
Education about the information on the causes of peatland fires in Indonesia is a shared
responsibility. But the education carried out was not evenly distributed and massive in
spreading information about the causes of peatland fires. And educational media used are
still using conventional media, namely the PowerPoint slide and article writing on the
website. By utilizing multimedia technology, encouraging writers to create applications as
an educational medium for peatland fires in Indonesia. With this application, it can become
a new media in educational activities and help Peat Monitor more easily in educational
activities. The design and manufacture of this application as an educational media cause
peat fires using the user interface and booklet design using Adobe Illustrator software,
motion graphics, compositing, and rendering using Adobe After Effects software,
application programming and build using 3D unity software. Vuforia to create an
Augmented Reality database and some supporting software such as JDK, SDK to be able
to build programs into Android applications. Then the booklet will display the results of
the motion graphic and will be displayed with Augmented Reality.
Keywords: Peatlands, Education, Augmented Reality, Booklet.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Rudy Cahyadi, M.T. 2. Jati Raharjo, S.Sn., M.Sn. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 01:41 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 01:41 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1140 |