PEMROGRAMAN PERMAINAN DIALOG INTERAKTIF PENGENALAN BUDAYA BADUY 2D PLATFORMER BERBASIS ANDROID PADA GAME "TERJEBAK DI BADUY"

Adiputra, Heryansach (2024) PEMROGRAMAN PERMAINAN DIALOG INTERAKTIF PENGENALAN BUDAYA BADUY 2D PLATFORMER BERBASIS ANDROID PADA GAME "TERJEBAK DI BADUY". Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMROGRAMAN PERMAINAN DIALOG INTERAKTIF PENGENALAN BUDAYA BADUY 2D PLATFORMER BERBASIS ANDROID PADA GAME "TERJEBAK DI BADUY"] Text (PEMROGRAMAN PERMAINAN DIALOG INTERAKTIF PENGENALAN BUDAYA BADUY 2D PLATFORMER BERBASIS ANDROID PADA GAME "TERJEBAK DI BADUY")
LAPORAN TUGAS AKHIR_Heryansach Adiputra-1-12.pdf

Download (561kB)

Abstract

This research aims to develop an interactive dialogue game to introduce Baduy
culture through a 2D platformer-based Android game titled "Terjebak di Baduy" to
enhance young generations' interest in local culture. Utilizing literature review and
questionnaire methods, along with the Game Development Life Cycle (GDLC)
consisting of six stages: initiation, pre-production, production, testing, beta testing,
and release, the game prototype was successfully implemented with various
features. These features include interactive dialogue, player mechanics, user
interface, multiple levels, different game modes, non-playable characters (NPCs),
enemies, and traps. The testing phase involved evaluating the game on two different
mobile devices and gathering feedback from 15 child respondents. The results
indicated that the game is easy to understand, the controls are responsive, the
graphics are satisfying, the music and sound effects are enjoyable, and the difficulty
level is appropriate for the target age group. The feedback confirmed that
"Terjebak di Baduy" is an effective educational tool for introducing Baduy culture
to children aged 8-12. The game has been positively received and is now available
on the Itch.io platform, ready to educate and entertain young players.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan dialog interaktif
pengenalan budaya Baduy 2D platformer berbasis Android pada game "Terjebak di
Baduy" guna meningkatkan ketertarikan generasi muda terhadap budaya lokal.
Metode yang digunakan meliputi studi pustaka dan kuesioner, serta menerapkan
Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari enam tahap: inisiasi, praproduksi, produksi, pengujian, beta testing, dan rilis. Prototipe game berhasil
diimplementasikan dengan berbagai fitur, termasuk dialog interaktif, mekanik
pemain, antarmuka pengguna, berbagai level, mode permainan yang berbeda,
karakter non-pemain (NPC), musuh, dan jebakan. Tahap pengujian melibatkan
evaluasi game pada dua perangkat telepon genggam yang berbeda dan
pengumpulan umpan balik dari 21 responden anak-anak. Hasilnya menunjukkan
bahwa game ini mudah dipahami, kontrolnya responsif, grafiknya memuaskan,
musik dan efek suaranya menyenangkan, serta tingkat kesulitannya sesuai untuk
kelompok usia yang ditargetkan. Umpan balik tersebut mengonfirmasi bahwa
"Terjebak di Baduy" adalah alat pendidikan yang efektif untuk mengenalkan
budaya Baduy kepada anak-anak usia 8-12 tahun. Game ini telah diterima dengan
baik dan sekarang tersedia di platform Itch.io, siap untuk mendidik dan menghibur
pemain muda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Prilly Fitria Aziz, S.Kom., M.Kom. ; 2. Muh Sakir, M.T, selaku Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Baduy Culture, educational game, 2D platformer, Game Development Life Cycle (GDLC), Budaya Baduy, game edukasi, platformer 2D
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 13 Feb 2025 08:06
Last Modified: 13 Feb 2025 08:06
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item
View Item