Fitri, Shifa Rafida (2020) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN KEBUDAYAAN BETAWI GAMBANG KROMONG BERBASIS AUGMENTED REALITY. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN KEBUDAYAAN BETAWI GAMBANG KROMONG BERBASIS AUGMENTED REALITY [thumbnail of PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN KEBUDAYAAN BETAWI GAMBANG KROMONG BERBASIS AUGMENTED REALITY]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
17810045_Shifa Rafida Fitri.pdf
Download (801kB)
Abstract
ABSTRAK
Gambang Kromong merupakan salah satu kesenian musik budaya Betawi dengan
akulturasi seni dan budaya Tiongkok. Pelestarian budaya harus senantiasa
dilakukan. Kesadaran akan pelestarian sudah dikatakan pada pasal 32 ayat (1)
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan
bahwa “Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban
dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan
mengembangkan nilai-nilai budayanya”. (BPKB, 2017). Pengenalan budaya
Gambang Kromong ini akan dibuat menajdi booklet yang memiliki seputar
informasi dan suara alat musik Gambang Kromong menggunakan virtual button,
diharapkan dengan adanya aplikasi media belajar interaktif ini akan mempermudah
dalam penyampaian informasi atau wawasan seputar budaya ini. Data yang
dibutuhkan diperoleh dari studi pustaka melewati website pemerintah daerah DKI
Jakarta. Setelah itu dapat dilakukan ke proses produksi yaitu pembuatan buku dan
aplikasi Augmented Reality yang akan dirancang dengan software Unity 3D untuk
pemograman serta plug in Vuforia untuk membuat database pada augmented reality
dengan software pendukungnya seperti SDK, JDK dan beberapa software lainnya
seperti Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop untuk desain aset dua dimensi, dan
juga Blender 2.8 untuk membuat aset tiga dimensi. Aplikasi ini telah di uji coba
pada empat perangkat dengan rincian percobaan mulai dari loading screen,
membuka info, menu tutorial, menu settings, mendeteksi hingga kembali ke menu
utama. Karya ini adalah gagasan utama dari penulis yang dapat diperbaharui lagi
kedepannya.
Kata Kunci: Gambang Kromong, Booket, Media belajar interaktif, Augmented
Reality.
ABSTRACT
Gambang Kromong is one of Betawi cultural music arts with acculturation of
Chinese art and culture. Cultural preservation must always be done. Awareness of
preservation has been said in article 32 paragraph (1) of the 1945 Constitution of
the Republic of Indonesia mandating that "the State promotes Indonesia's national
culture in the midst of world civilization by guaranteeing the freedom of the
community in maintaining and developing its cultural values". (BPKB, 2017). The
introduction of the Gambang Kromong culture will be made into a booklet that has
information and sound about the Gambang Kromong musical instrument using a
virtual button. It is hoped that this interactive learning media application will
facilitate the delivery of information or insights about this culture. The data needed
is obtained from a literature study through the DKI Jakarta regional government
website. After that it can be carried out into the production process that is making
books and Augmented Reality applications that will be designed with Unity 3D
software for programming and plug in Vuforia to create databases on augmented
reality with supporting software such as SDK, JDK and several other software such
as Adobe Illustrator and Adobe Photoshop to design two-dimensional assets, and
also Blender 2.8 to create three-dimensional assets. This application has been tested
on four devices with details of the trial starting from loading screen, opening info,
tutorial menu, settings menu, detecting and returning to the main menu. This work
is the main idea of the writer which can be renewed in the future.
Keywords: Gambang Kromong, Booket, interactive learning media, Augmented
Reality.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 01:23 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 01:23 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1160 |