PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AGAMA MENGENAI GERAKAN & BACAAN SHOLAT BERBASIS ANDROID

Patria, Septia Salsabila Putri Nur (2020) PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AGAMA MENGENAI GERAKAN & BACAAN SHOLAT BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of 17810044_Septia Salsabila_TugasAkhir_FIX11.pdf] Text
17810044_Septia Salsabila_TugasAkhir_FIX11.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA  PEMBELAJARAN AGAMA MENGENAI GERAKAN & BACAAN  SHOLAT BERBASIS ANDROID] Text (PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AGAMA MENGENAI GERAKAN & BACAAN SHOLAT BERBASIS ANDROID)
17810044_Septia Salsabila.pdf

Download (626kB)

Abstract

ABSTRAK
Menurut data yang diambil melalui hasil wawancara, 50% siswa/siswi kelas 1-3 belum menguasai dan memahami
Gerakan dan Bacaan Sholat dengan baik. Sedangkan 70% siswa/siswi kelas 4-6 sudah menguasai dan memahami
Gerakan dan Bacaan Sholat tersebut. Untuk meningkatkan daya paham siswa/siswi, pihak SDIT Mentari
menginginkan penambahan media pembelajaran baru dengan menggunakan augmented reality berbasis video. Saat
ini media pembelajaran di SDIT Mentari menggunakan Buku cetak, Buku LKS, dan Proyektor. Metode yang
digunakan oleh guru agama di SDIT Mentari menggunakan metode pengajaran secara lisan dan memberikan tugas
kepada siswa/siswi menggunakan buku LKS (Lembar Kerja Siswa). Di SDIT Mentari belum ada media
pembelajaran baru seperti menggunakan teknologi augmented reality terutama dalam pembelajaran agama
mengenai gerakan dan bacaan sholat. Perancangan pembuatan aplikasi augmented reality ini dibuat menggunakan
aplikasi Unity, untuk desain user interface menggunakan Adobe Ilustrator CC 2015, dan untuk mengedit video
gerakan sholat menggunakan Filmora.
Kata Kunci : Aplikasi, Augmented Reality, Gerakan dan Bacaan Sholat.

ABSTRACT
According to data taken through interviews, 50% of students in grades 1-3 have not mastered and understood prayer
movements and readings well. Meanwhile, 70% of students in grades 4-6 have mastered and understood the Prayer
Movement and Reading. To improve students' understanding, SDIT Mentari wants the addition of new learning
media using video-based augmented reality. Currently the learning media at SDIT Mentari use printed books,
worksheets, and projectors. The method used by religious teachers at SDIT Mentari uses oral teaching methods and
assigns assignments to students using LKS (Student Worksheets) books. At SDIT Mentari, there are no new
learning media such as using augmented reality technology, especially in religious learning regarding prayer
movements and reading. The design of making this augmented reality application was made using the Unity
application, to design the user interface using Adobe Illustrator CC 2015, and to edit the prayer motion video using
Filmora.
Keywords: Application, Augmented Reality, Movement and Prayer Reading.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Rudi Cahyadi, M.T. 2. Agung Budi Prasetyo, M.T.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:19
Last Modified: 17 Jul 2025 02:19
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1161

Actions (login required)

View Item
View Item