Ginting, Robi Andika (2020) PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGHANTAR PANAS SECARA KONDUKSI, KONVEKSI DAN RADIASI BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGHANTAR PANAS SECARA KONDUKSI, KONVEKSI DAN RADIASI BERBASIS ANDROID [thumbnail of PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGHANTAR PANAS SECARA KONDUKSI, KONVEKSI DAN RADIASI BERBASIS ANDROID]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
17810184_Robi Andika Ginting.pdf
Download (205kB)
Abstract
ABSTRAK
Penghantar panas merupakan pelajaran dalam mata pelajaran sains kelas 5 Tema 6 Panas
dan Perpindahannya kurikulum 2013 terdapat materi mengenai perpindahan panas,
Kurangnya metode praktek alat peraga yang mudah diperlihatkan dan mudah dimengerti
oleh anak sekolah mengakibatkan guru hanya bisa mengajar dengan metode lisan tanpa alat
peraga, Sehingga berdampak pada murid yang kurang paham terhadap materi yang
diajarkan oleh guru tersebut. Melihat permasalahan ini maka penulis membuat sebuah
aplikasi augmented reality sebagai media pembelajaran . Dengan pemanfaatan media
pembelajaran augmented reality diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami
materi penghantar panas. Perancangan dan pembuatan aplikasi ini menggunakan user
interface dan aset di Adobe illustrator CS6 lalu untuk pembuatan motion graphic dibuat
dalam Adobe After Effect, pembuatan augmented reality menggunakan unity 2018.
Aplikasi media pembelajaran ini dirancang untuk platform Android dan optimal digunakan
pada Android dengan ratio 9:16.
Kata Kunci : Penghantar panas, Media pembelajaran, aplikasi augmented reality
ABSTRACT
Conducting heat is a lesson in science class 5 Theme 6 The Heat and Displacement of the
2013 curriculum there is material about heat transfer. The lack of practical teaching
methods that are easily shown and easily understood by school children results in the
teacher being able to teach only with the oral method without teaching aids. impact on
students who do not understand the material taught by the teacher. Seeing this problem,
the writer makes an augmented reality application as a learning medium. With the use of
augmented reality learning media, it is expected to be able to help students understand
heat-conducting material. The design and manufacture of this application uses the user
interface and assets in Adobe Illustrator CS 6 and for the manufacture of motion graphics
created in Adobe After Effects, making augmented reality using Unity 2018. This learning
media application is designed for the Android platform and optimally used on Android with
a ratio of 9: 16
Keywords: heat conductor, learning media, augmented reality applications
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Nofiandri Setyasmara, M.T. 2. Agung Budi Prasetyo, M.T. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:36 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 02:36 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1163 |