Pengembangan Game Ringan 2D “Niskala” Berbasis Mobile

Suroto, Aulia Farrosi (2024) Pengembangan Game Ringan 2D “Niskala” Berbasis Mobile. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Pengembangan Game Ringan 2D “Niskala” Berbasis Mobile] Text (Pengembangan Game Ringan 2D “Niskala” Berbasis Mobile)
TA AULIAFARROSI-1-15.pdf

Download (856kB)

Abstract

The development of a 2D mobile-based game titled "Niskala" aims to create an
engaging and educational gaming experience for users. This game combines
Adventure and puzzle elements with a storyline that highlights culture and
mythology. The methods used in the development of this game include concept
design, character and environment design, game mechanism development, and
testing and evaluation. The tools used include Unity as the main engine, Blender for
creating 3D models converted to 2D sprites, and Adobe Photoshop for graphic
design. Testing was conducted iteratively to ensure the game runs smoothly on
various mobile devices. The development results show that the "Niskala" game
provides an enjoyable gaming experience and enhances players' knowledge of
culture. Feedback from early users indicated a positive response to the visual and
gameplay aspects, with suggestions for improvements such as adding interactive
features and refining the storyline. This game development is expected to serve as a
reference for other developers in creating educational games that leverage mobile
technology.

Pengembangan game 2D berbasis mobile dengan judul "Niskala" bertujuan untuk
menciptakan pengalaman bermain yang menarik dan edukatif bagi pengguna. Game
ini menggabungkan elemen petualangan dan teka-teki dengan latar belakang cerita
yang mengangkat budaya dan mitologi. Metode yang digunakan dalam
pengembangan game ini meliputi perancangan konsep, pembuatan desain karakter
dan lingkungan, pengembangan mekanisme permainan, serta pengujian dan
evaluasi. Tools yang digunakan mencakup Unity sebagai engine utama, Blender
untuk pembuatan model 3D yang diubah menjadi sprite 2D, dan Adobe Photoshop
untuk desain grafis. Pengujian dilakukan secara iteratif untuk memastikan game
berjalan lancar pada berbagai perangkat mobile. Hasil pengembangan menunjukkan
bahwa game "Niskala" mampu memberikan pengalaman bermain yang
menyenangkan serta meningkatkan pengetahuan pemain tentang budaya. Umpan
balik dari pengguna awal menunjukkan respons positif terhadap aspek visual dan
gameplay, namun ada beberapa saran untuk peningkatan seperti penambahan fitur
interaktif dan penyempurnaan alur cerita. Pengembangan game ini diharapkan dapat
menjadi referensi bagi pengembang lain dalam menciptakan game edukatif yang
memanfaatkan teknologi mobile.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Pembimbing I: Rudy Cahyadi, M.T ; 2. Pembimbing II: Refi Yuliana, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: 2D Game, Mobile, Niskala, Unity, Game Development, Game 2D, Pengembangan Game.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 13 Feb 2025 08:06
Last Modified: 13 Feb 2025 08:06
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item
View Item