Suryadi, Difa Fajar (2024) PENGEMBANGAN GAME 2D PLATFORMER BERBASIS MOBILE “NISKALA” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN MONUMEN BERSEJARAH DI INDONESIA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PENGEMBANGAN GAME 2D PLATFORMER BERBASIS MOBILE “NISKALA” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN MONUMEN BERSEJARAH DI INDONESIA [thumbnail of PENGEMBANGAN GAME 2D PLATFORMER BERBASIS MOBILE “NISKALA” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN MONUMEN BERSEJARAH DI INDONESIA]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN TUGAS AKHIR - Difa Fajar Suryadi-1-14.pdf
Download (953kB)
Abstract
The development of a mobile-based 2D game titled "Niskala" aims to create an
interesting and educational gaming experience for users. This game combines
adventure elements with a background story highlighting culture and mythology.
The method used in developing this game is Gdlc (Game Development Life Cycle)
including concept design, character and environment design, game mechanism
development, and testing and evaluation. The tools used include Unity as the main
engine, Blender for creating 3D models which are converted into 2D sprites, and
Adobe Photoshop for graphic design. Testing is carried out iteratively to ensure
the game runs smoothly on various mobile devices. The beta test results show the
results of this questionnaire. The development results show that the "Niskala"
game can provide a fun gaming experience and increase players' knowledge of
culture. Feedback from early users showed a positive response to the visuals and
gameplay, however, there were some suggestions for improvements such as
adding interactive features and improving the storyline. It is hoped that the
development of this game can become a reference for other developers in creating
educational games that utilize mobile technology.
Pengembangan game 2D berbasis mobile dengan judul "Niskala" bertujuan untuk
menciptakan pengalaman bermain yang menarik dan edukatif bagi pengguna.
Game ini menggabungkan elemen petualangan dengan latar belakang cerita yang
mengangkat budaya dan mitologi. Metode yang digunakan dalam pengembangan
game ini Gdlc (Game Development Life Cycle) meliputi perancangan konsep,
pembuatan desain karakter dan lingkungan, pengembangan mekanisme
permainan, serta pengujian dan evaluasi. Tools yang digunakan mencakup Unity
sebagai engine utama, Blender untuk pembuatan model 3D yang diubah menjadi
sprite 2D, dan Adobe Photoshop untuk desain grafis. Pengujian dilakukan secara
iteratif untuk memastikan game berjalan lancar pada berbagai perangkat mobile.
Hasil pengujian beta test menunjukkan hasil kuesioner ini. Hasil pengembangan
menunjukkan bahwa game "Niskala" mampu memberikan pengalaman bermain
yang menyenangkan serta meningkatkan pengetahuan pemain tentang budaya.
Umpan balik dari pengguna awal menunjukkan respons positif terhadap aspek
visual dan gameplay, namun ada beberapa saran untuk peningkatan seperti
penambahan fitur interaktif dan penyempurnaan alur cerita. Pengembangan game
ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembang lain dalam menciptakan
game edukatif yang memanfaatkan teknologi mobile.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Nofiandri Setyasmara, S.T., M.Ak., M.T., - Dosen Pembimbing I 2. Andrian, S.Kom., M.Kom., - Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | 2D Game, Mobile, Niskala, Unity, Game Development, Game 2D, Pengembangan Game |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 08:07 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 08:07 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/123 |