Muhammad Mumtaza, Zelda (2025) Peran Editor Dalam Mengimplementasikan Grafis Interaktif Dalam Program Sing It Loud! Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![Peran Editor Dalam Mengimplementasikan Grafis Interaktif Dalam Program Sing It Loud! [thumbnail of Peran Editor Dalam Mengimplementasikan Grafis Interaktif Dalam Program Sing It Loud!]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Peran Editor Dalam Mengimplementasikan Grafis Interaktif Dalam Program Sing It Loud!.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (528kB)
Abstract
ABSTRAK
Music variety shows on digital platforms hold significant potential, yet new
Indonesian musicians still struggle to gain adequate exposure. The program "Sing
It Loud!" emerges as a music variety show aiming to bridge this gap. In its live
production, the editor's role is crucial in managing visuals in real-time. This final
project report identifies the challenges editors face in conceptualizing and
preparing appropriate graphic elements for live music variety shows, as well as
real-time editing time constraints. Therefore, the problem statement focuses on how
the editor's role determines and prepares graphic elements that are both appealing
and relevant to the target audience for "Sing It Loud!". To address this, the author
utilizes theories from a literature review on the editor's roles and responsibilities,
in addition to employing non-rating survey methods and literature studies. The
findings from this identification indicate that editors are required to possess agility
in optimizing available time for real-time editing preparation.
Keywords: Editor Graphics, Editing Techniques.
Program variety show musik di platform digital memiliki potensi besar, namun
musisi baru Indonesia masih kesulitan mendapatkan eksposur. Program "Sing It
Loud!" hadir sebagai variety show musik yang bertujuan menjembatani
kesenjangan tersebut. Dalam produksi siaran langsungnya, peran editor sangat
krusial dalam mengelola visual secara real-time. Laporan tugas akhir ini
mengidentifikasi tantangan editor dalam menentukan ide dan menyiapkan elemen
grafis yang sesuai untuk live variety show musik, serta keterbatasan waktu editing.
Oleh karena itu, rumusan masalah berfokus pada bagaimana peran editor dalam
menentukan ide dan menyiapkan elemen grafis yang menarik dan sesuai target
penonton untuk "Sing It Loud!". Untuk menyelesaikan masalah penulis
menggunakan teori yang mengacu pada tinjauan pustaka mengenai peran dan tugas
editor. Serta menggunakan metode survei non-rating dan studi pustaka. Hasil
identifikasi ini menunjukkan bahwa editor dituntut untuk memiliki kesigapan dalam
mengoptimalkan waktu yang tersedia guna mempersiapkan editing secara realtime.
Kata Kunci: Editing Grafis, Teknik Editing.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Adryans,S.Si., M.Sn Dra. Lisa Indarsih Palindih |
Uncontrolled Keywords: | Editor Graphics, Editing Techniques.Editing Grafis, Teknik Editing. |
Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 777 Sinematografi dan videografi |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Penyiaran |
Depositing User: | Zelda Muhammad Muntaza |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 06:59 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 06:59 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1290 |