Firdaus, Muhammad Dzaki (2025) PERANCANGAN MEDIA GAME EDUKASI 2D BERBASIS ANDROID UNTUK MENGENAL ANGKA DALAM BAHASA ARAB DENGAN MODEL ADDIE (Studi Kasus: Siswa Di KBMA Uwais Al-Qarni Tambun Selatan). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN MEDIA GAME EDUKASI 2D BERBASIS ANDROID UNTUK MENGENAL ANGKA DALAM BAHASA ARAB DENGAN MODEL ADDIE (Studi Kasus: Siswa Di KBMA Uwais Al-Qarni Tambun Selatan) [thumbnail of PERANCANGAN MEDIA GAME EDUKASI 2D BERBASIS ANDROID UNTUK MENGENAL ANGKA DALAM BAHASA ARAB DENGAN MODEL ADDIE (Studi Kasus: Siswa Di KBMA Uwais Al-Qarni Tambun Selatan)]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Preliminary Research - M Dzaki Firdaus 21240077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan anak usia dini memiliki peran penting dalam membentuk dasar pemahaman mereka terhadap berbagai konsep, termasuk dalam mengenal angka dalam bahasa Arab. Kelompok Belajar Membaca Al-Quran (KBMA) Uwais Al-Qarni di Tambun Selatan saat ini masih menggunakan metode konvensional dengan buku dan alat tulis, yang cenderung kurang menarik bagi siswa dan dapat mengurangi minat belajar mereka. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan untuk merancang game edukasi berbasis Android “SmartLearn: Mengenal Angka dalam Bahasa Arab”. Metode pada penelitian ini menggunakan metode R&D atau Research and Development dengan pendekatan Model ADDIE untuk -merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan game edukasi yang berfokus pada pengenalan angka dalam bahasa Arab dengan kuis interaktif yang terdiri dari lima level yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa. Game ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dan mempermudah mereka dalam belajar mengenal angka dalam bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi ini dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, yang dapat menggantikan metode konvensional yang kurang menarik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi yang lebih inovatif dan interaktif untuk pendidikan anak usia dini.
In early childhood, education plays an important role in forming the basis of their understanding of various concepts, including recognizing numbers in Arabic. The Uwais Al-Qarni Quran Reading Learning Group in South Tambun currently still uses conventional methods with books and stationery, which tend to be less interesting for students and can reduce their interest in learning. To overcome this problem, this research aims to design an Android-based educational game “SmartLearn: Recognizing Numbers in Arabic”. The method in this study uses the R&D or Research and Development method with the ADDIE Model approach to design, develop, and implement an educational game that focuses on recognizing numbers in Arabic with interactive quizzes consisting of five levels tailored to the level of student understanding. This game aims to increase students' interest in learning and make it easier for them to learn to recognize numbers in Arabic. The results show that this educational game can be an effective and fun alternative learning media, which can replace conventional methods that are less interesting. This research is expected to contribute to the development of more innovative and interactive technology-based learning media for young children's education.