PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME BOARD FLASHCARD TENTANG PESONA INDONESIA UNTUK ANAK PMI DAN DIASPORA DI MALAYSIA (SABAH)

Sadiq, Rusydi (2025) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME BOARD FLASHCARD TENTANG PESONA INDONESIA UNTUK ANAK PMI DAN DIASPORA DI MALAYSIA (SABAH). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS  GAME BOARD FLASHCARD TENTANG PESONA INDONESIA  UNTUK ANAK PMI DAN DIASPORA DI MALAYSIA (SABAH)] Text (PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME BOARD FLASHCARD TENTANG PESONA INDONESIA UNTUK ANAK PMI DAN DIASPORA DI MALAYSIA (SABAH))
Laporan Tugas Akhir (Rusydi).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT
Limited access to education for children of Indonesian Migrant Workers (PMI) and
the Indonesian diaspora in Sabah, Malaysia, has resulted in a lack of knowledge about their cultural roots and national identity. To address this issue, an interactive educational medium in the form of a Flashcard Game Board themed "The Charm of Indonesia" was designed. This project aims to introduce Indonesia’s rich cultural heritage while fostering a sense of nationalism among Indonesian children living abroad. The design process included pre-production, production, and post-
production stages, using observation, literature studies, and questionnaires as data collection methods. The testing results from three respondents indicated that the Game successfully sparked learning interest and provided an enjoyable educational experience, although feedback suggested improvements in image clarity, question language, and Game duration. The final product—comprising a Game Board, educational cards, and an answer key—demonstrates that game-based learning can be an innovative solution to help the younger diaspora generation connect with their Indonesian identity.

ABSTRAK
Keterbatasan akses pendidikan bagi anak-anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan
Diaspora di Sabah, Malaysia, menyebabkan minimnya pengetahuan mereka tentang
budaya dan identitas kebangsaan Indonesia. Untuk menjawab tantangan tersebut,
dirancanglah sebuah media pembelajaran interaktif berupa Game Board Flashcard
bertema "Pesona Indonesia" yang bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan budaya tanah air sekaligus menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan anak-anak
Indonesia yang tinggal di luar negeri. Proses perancangan melibatkan tahapan pra-
produksi, produksi, dan pascaproduksi, dengan pendekatan melalui observasi, studi
pustaka, dan penyebaran kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Hasil uji
coba terhadap tiga responden menunjukkan bahwa permainan ini menarik minat
belajar serta memberikan pengalaman edukatif yang menyenangkan, meskipun
terdapat masukan terkait kejelasan gambar, bahasa pertanyaan, dan durasi permainan. Produk akhir berupa papan permainan, kartu edukatif, dan lembar kunci jawaban ini membuktikan bahwa metode pembelajaran berbasis permainan dapat menjadi solusi inovatif untuk memperkenalkan Indonesia kepada generasi muda diaspora.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Fadly Shabir, S.Kom., M.T. sebagai Dosen Pembimbing I 2. Alman, S.Si, M.Si. sebagai Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Keywords: Indonesian migrant education, educational game, Indonesian culture, diaspora, nationalism, flashcard. Kata kunci: Pendidikan anak PMI, Game edukatif, budaya Indonesia, diaspora, nasionalisme, flashcard.
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Makassar
Depositing User: Rusydi Sadiq
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:24
Last Modified: 06 Aug 2025 03:24
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1388

Actions (login required)

View Item
View Item