Fahreza, Rizqi Ahmad (2025) ANALISIS DESAIN USER INTERFACE & USER EXPERIENCE PADA APLIKASI MAXIM MENGGUNAKAN METODE LEAN UX. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![ANALISIS DESAIN USER INTERFACE & USER EXPERIENCE PADA APLIKASI MAXIM MENGGUNAKAN METODE LEAN UX [thumbnail of ANALISIS DESAIN USER INTERFACE & USER EXPERIENCE PADA APLIKASI MAXIM MENGGUNAKAN METODE LEAN UX]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Preliminary Repository Skripsi - Rizqi Ahmad Fahreza - 21240121.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
Abstract
Santika noted that Maxim will be the second most downloaded ride-hailing app in Indonesia by 2023 with 892 thousand downloads per month. However, according to Sarah et al. the high number of downloads does not guarantee good service quality. Previous research by Liwandouw et al. showed the UEQ score of Maxim app was below average and poor in some aspects. The design method used is Lean UX, and the approach used is Mixed method. The results showed significant improvement in all UEQ aspects: Attractiveness (0.23 to 2.22), Clarity (1.06 to 1.96), Efficiency (0.61 to 1.70), Accuracy (-0.83 to 1.80), Stimulation (0.60 to 1.80), and Novelty (-1.06 to 1.35). This proves the effectiveness of Lean UX in improving the quality of Maxim app user experience.
Santika mencatat bahwa aplikasi Maxim menjadi aplikasi ride-hailing paling banyak diunduh kedua di Indonesia pada 2023 dengan unduhan mencapai 892 ribu unduhan per bulannya. Namun, menurut Sarah et al. jumlah unduhan tinggi tidak menjamin kualitas layanan yang baik. Penelitian sebelumnya oleh Liwandouw et al. menunjukkan skor UEQ aplikasi Maxim di bawah rata-rata dan buruk di beberapa aspek. Metode perancangan yang digunakan adalah Lean UX, dan pendekatan yang digunakan adalah Mixed method. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan pada seluruh aspek UEQ: Daya Tarik (0.23 menjadi 2.22), Kejelasan (1.06 menjadi 1.96), Efisiensi (0.61 menjadi 1.70), Ketepatan (-0.83 menjadi 1.80), Stimulasi (0.60 menjadi 1.80), dan Kebaruan (-1.06 menjadi 1.35). Hal ini membuktikan efektivitas Lean UX dalam meningkatkan kualitas pengalaman pengguna aplikasi Maxim.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Sari Setyaning Tyas M.TI ; 2. Deni Kuswoyo S.Kom., M.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Maxim App, User Interface, User Experience, Lean UX, User Experience Questionnaire. Aplikasi Maxim, User Interface, User Experience, Lean UX, User Experience Questionnaire. |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Rizqi Ahmad Fahreza |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:43 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:43 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1406 |