Tri Wardani, Putri (2025) PERANCANGAN ULANG LOGO DAN DESAIN KEMASAN UMKM YUREÉ CONCEPT UNTUK MEMPERKUAT IDENTITAS VISUAL MEREK. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN ULANG LOGO DAN DESAIN KEMASAN UMKM YUREÉ CONCEPT UNTUK MEMPERKUAT IDENTITAS VISUAL MEREK [thumbnail of PERANCANGAN ULANG LOGO DAN DESAIN KEMASAN UMKM YUREÉ CONCEPT UNTUK MEMPERKUAT IDENTITAS VISUAL MEREK]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA - Putri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (893kB)
Abstract
ABSTRACT: Yureé Concept is a local MSME brand in the fashion industry that provides custom-made women’s clothing services. However, its previous visual identity system didnot yet reflect the brand’s unique philosophy, namely the symbolic meaning of “kainyure” as a representation of strength and luxury. This redesign aims to refine the visual identity system of Yureé Concept, covering logo and packaging elements while retaining pink as the primary color. The theories used in this design include graphic design principles as a medium of visual communication, the concept of visual identity systems, logo and packaging elements, as well as relevant branding strategies for MSME actors. The design process uses a design thinking approachconsisting of the stages: empathize, define, ideate, prototype, and test. The final output includes a new logo, packaging designs, supporting elements (hang tag and thank-you card), and brand guidelines to ensure consistency in applying the visual identity. This redesign received positive feedback from the owner of Yureé Concept for successfully representing the brand’s character more strongly.
ABSTRAK: Yureé Concept merupakan merek UMKM lokal yang bergerak di bidang fashiondan menyediakan layanan pembuatan pakaian wanita secara khusus (custom-made).Namun, sistem identitas visual sebelumnya belum merepresentasikan filosofi unikdari brand, yaitu makna simbolis "kain yure" sebagai representasi kekuatan dan kemewahan. Perancangan ulang ini bertujuan untuk menyempurnakan sistemidentitas visual Yureé Concept yang mencakup elemen logo dan kemasan, dengan tetap mempertahankan warna pink sebagai warna utama. Teori yang digunakan dalam perancangan ini mencakup prinsip-prinsip desain grafis sebagai mediakomunikasi visual, konsep sistem identitas visual, elemen logo dan kemasan, serta strategi branding yang relevan bagi pelaku UMKM. Proses perancangan menggunakan pendekatan design thinking yang terdiri dari tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil akhir berupa logo baru, desain kemasan, elemen pendukung (label gantung dan kartu ucapan terima kasih), serta panduan identitas merek (brand guidelines) untuk memastikan konsistensi penerapan identitas visual. Perancangan ulang ini mendapat respon positif dari pemilik Yureé Concept karena dinilai berhasil merepresentasikan karakter brand dengan lebih kuat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Ahmad Irfan Abdullah, S.Kom., M.Cs., sebagai Dosen Pembimbing I 2. Najmawati Sulaiman, S.Pd., M.Si., sebagai Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | visual identity, logo redesign, packaging design, MSMEs, Yureé Concept, identitas visual, perancangan ulang logo, desain kemasan, UMKM |
Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Makassar |
Depositing User: | Putri Tri Wardani |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:47 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:47 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1409 |