Trinanda, Haikal Danung (2024) PENGEMBANGAN GAME DIVIJA DENGAN IMPLEMENTASI LOKALISASI BAHASA PADA GAME (PROGRAMMER). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PENGEMBANGAN GAME DIVIJA DENGAN IMPLEMENTASI LOKALISASI BAHASA PADA GAME (PROGRAMMER) [thumbnail of PENGEMBANGAN GAME DIVIJA DENGAN IMPLEMENTASI LOKALISASI BAHASA PADA GAME (PROGRAMMER)]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tugas Akhir - Haikal Danung-1-14.pdf
Download (718kB)
Abstract
This final project investigates the application of language localization in gims by utilizing the Game
Development Life Cycle (GDLC) and Unity Engine. In the context of the ever-evolving gim industry,
language localization becomes an important element to support immersive gaming experience for
players from different cultures. This research focuses on the integration of GDLC phases with the
language localization process to improve development efficiency and quality. The development
method involves localization requirements analysis, design, implementation, and testing using Unity
Engine. With a focus on structure and good documentation, this research aims to provide practical
guidance to gim developers to integrate language localization effectively. The use of Unity Engine
as a platform was chosen due to its popularity in the gaming industry and its ability to support
language localization. It is hoped that the results of this research will increase players' global
engagement, create a more inclusive gaming experience, and provide insight into the positive impact
of GDLC and Unity Engine in the context of language localization in gims.
Tugas akhir ini menyelidiki penerapan lokalisasi bahasa pada permainan (gim) dengan
memanfaatkan Game Development Life Cycle (GDLC) dan Unity Engine. Dalam konteks industri
gim yang terus berkembang, lokalisasi bahasa menjadi elemen penting untuk mendukung
pengalaman bermain yang mendalam bagi pemain dari berbagai budaya. Penelitian ini
menitikberatkan pada integrasi fase-fase GDLC dengan proses lokalisasi bahasa untuk
meningkatkan efisiensi dan kualitas pengembangan. Metode pengembangan melibatkan analisis
kebutuhan lokalisasi, perancangan, implementasi, dan pengujian menggunakan Unity Engine.
Dengan fokus pada struktur dan dokumentasi yang baik, penelitian ini bertujuan memberikan
panduan praktis kepada pengembang gim untuk mengintegrasikan lokalisasi bahasa secara efektif.
Penggunaan Unity Engine sebagai platform dipilih karena kepopulerannya dalam industri gim dan
kemampuannya dalam mendukung lokalisasi bahasa. Harapannya, hasil penelitian ini akan
meningkatkan keterlibatan global pemain, menciptakan pengalaman bermain yang lebih inklusif,
dan memberikan wawasan tentang dampak positif GDLC dan Unity Engine dalam konteks lokalisasi
bahasa pada gim.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Nofiandri Setyasmara, M.T., selaku Pembimbing I ; 2. Prily Fitria Aziz, S.Kom., M.Kom., selaku Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Game Development Life Cycle, Unity Engine, Language Localization, Lokalisasi Bahasa |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 04:14 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 04:14 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/144 |