Ramadhan, Alif (2024) PEMBUATAN ASSET GAME EDUKASI UNTUK ANAK-ANAK MENGENAI PENGETAHUAN UMUM “SiCerdik”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PEMBUATAN ASSET GAME EDUKASI UNTUK ANAK-ANAK MENGENAI PENGETAHUAN UMUM “SiCerdik” [thumbnail of PEMBUATAN ASSET GAME EDUKASI UNTUK ANAK-ANAK MENGENAI PENGETAHUAN UMUM “SiCerdik”]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tugas Akhir - Alif Ramadhan-1-15.pdf
Download (868kB)
Abstract
Laporan ini membahas pengembangan aset visual untuk game edukasi bertema
pengetahuan umum yang ditujukan bagi anak-anak berusia 11-15 tahun. Game yang
berjudul "SiCerdik" dikembangkan dengan tujuan untuk menciptakan pengalaman
belajar yang interaktif dan menyenangkan melalui penggunaan teknologi.
Permainan ini dirancang dalam format 2D dengan gaya visual vektor menggunakan
software Adobe Illustrator. Pengembangan aset meliputi ilustrasi karakter, elemen
UI/UX, serta berbagai kategori permainan seperti pilihan ganda, esai, dan susun
gambar. Hasil pengujian terhadap sepuluh responden menunjukkan bahwa aset
visual game ini dapat menarik perhatian target audiens melalui warna-warna cerah,
desain yang ramah, dan mudah dipahami. Game "SiCerdik" diharapkan dapat
berkontribusi dalam meningkatkan minat belajar anak-anak melalui media yang
edukatif sekaligus menghibur.
This report discusses the development of visual assets for an educational game
focused on general knowledge, aimed at children aged 11-15 years. The game, titled
"SiCerdik," was developed with the goal of creating an interactive and enjoyable
learning experience through the use of technology. The game is designed in a 2D
format with vector visual style using Adobe Illustrator software. The asset
development includes character illustrations, UI/UX elements, as well as various
game categories such as multiple choice, essay, and picture arrangement. Testing
results from ten respondents indicated that the game’s visual assets successfully
attract the target audience through bright colors, friendly designs, and ease of
understanding. The game "SiCerdik" is expected to contribute to increasing
children's interest in learning through an educational and entertaining medium.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Yeni Nurhasanah, S.Pd., M.T. Selaku Dosen Pembimbing 1 ; 2. Ilham Khalid Setiawan, S.T. Selaku Dosen Pembimbing 2 |
Uncontrolled Keywords: | game edukasi, aset visual, anak-anak, pengetahuan umum, SiCerdik, educational game, visual assets, children, general knowledge |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 04:14 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 04:14 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/145 |