Gita Putri Ramadhani, Kayla (2024) INTRODUKSI PRODUK GEL’I DARI EKSPERIMEN GELATO ANDALIMAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![INTRODUKSI PRODUK GEL’I DARI EKSPERIMEN GELATO ANDALIMAN [thumbnail of INTRODUKSI PRODUK GEL’I DARI EKSPERIMEN GELATO ANDALIMAN]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN TUGAS AKHIR KAYLA GITA PUTRI RAMADHANI 2024-1-11.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (353kB)
Abstract
ABSTRAK
Abstract
The culinary industry is developing rapidly in the current era. Innovations in
culinary products continue to be carried out. Gelato is a dessert that has become
popular recently. However, not everyone can enjoy it because the price of gelato is
relatively expensive. Therefore, researchers created gelato at a cheaper price using
a composition of andaliman spices and passion fruit. The aim of this research is to
design a logo for Andaliman gelato products with the GEL'I brand and introduce
GEL'I products through social media. Data collection was carried out through
observation, library methods, and questionnaires related to product introduction.
The design of the GEL'I product logo involved collaboration with the design team
to ensure the vision matched, with the hope of expanding the knowledge and appeal
of andaliman gelato in the market. The Andaliman Gelato logo combines two main
elements, namely a picture mark which visually reflects the character of Andaliman
Gelato, and a letter mark which displays the name "Andaliman Gelato" in clear
and easy to read writing. GEL'I product introductions are carried out through
Instagram accounts using storytelling techniques through product introduction
videos on YouTube with a link in GEL'I's Instagram bio, utilizing hashtags for
content identity and easy searching, uploading content regularly for ongoing
engagement, maximizing Instagram features, and apply the Design Thinking
method.
Keywords: dessert, gelato, andaliman, product innovation
Abstrak
Industri kuliner berkembang pesat pada era sekarang. Inovasi terhadap produkproduk kuliner terus dilakukan. Gelato merupakan dessert yang sedang populer
belakangan ini. Maka dari itu, penulis menciptakan gelato dengan harga yang lebih
murah menggunakan komposisi rempah andaliman dan buah markisa. Tujuan
penelitian ini adalah merancang logo produk gelato andaliman dengan merek GEL’I
dan melakukan introduksi produk GEL’I melalui sosial media. Pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, metode kepustakaan, dan kuisioner terkait introduksi
produk. Desain logo produk GEL’I melibatkan kolaborasi dengan tim desain untuk
memastikan kesesuaian visi, dengan harapan dapat memperluas pengetahuan dan
daya tarik gelato andaliman di pasar. Logo gelato andaliman menggabungkan dua
elemen utama yaitu picture mark yang mencerminkan karakter gelato andaliman
secara visual, dan letter mark yang menampilkan nama "gelato andaliman" dalam
tulisan yang jelas dan mudah terbaca. Introduksi produk GEL’I dilakukan melalui
akun Instagram menggunakan teknik storytelling melalui video introduksi produk
di YouTube dengan link di bio Instagram GEL’I, memanfaatkan hashtag untuk
identitas konten dan pencarian mudah, mengunggah konten secara teratur untuk
keterlibatan yang berkelanjutan, maksimalkan fitur Instagram, serta menerapkan
metode Design Thinking.
Kata Kunci: dessert, gelato, andaliman, inovasi produ
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Handika Dany Rahmayanti, S.Si., M.Si selaku Dosen Pembimbing Pertama. Muhammad Ridwan, S.I.Kom., M.M. selaku Dosen Pembimbing Kedua. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Program Studi Seni Kuliner |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 02:39 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 02:39 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/146 |