Penulisan Buku Edukatif Dasar-Dasar Bahasa Bugis Untuk Anak Sekolah Dasar

Ratna, Ratna (2025) Penulisan Buku Edukatif Dasar-Dasar Bahasa Bugis Untuk Anak Sekolah Dasar. Diploma thesis, politeknik negeri media kreatif.

[thumbnail of Penulisan Buku Edukatif Dasar-Dasar Bahasa Bugis Untuk Anak Sekolah Dasar] Text (Penulisan Buku Edukatif Dasar-Dasar Bahasa Bugis Untuk Anak Sekolah Dasar)
Laporan Tugas Akhir (Ratna).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (887kB)

Abstract

ABSTRAK
This final project is entitled "Writing an Educational Book on the Basics of Bugis Language for Elementary School Children", which aims to introduce basic Bugis vocabulary to children aged 7-9 years through interesting, simple, and educational flash cards. This book uses a visual approach through pictures and vocabulary in Bugis (Latin), Indonesian, and Lontara script. The methods used in compiling this report are literature study and interviews. Literature study was conducted to explore theories related to writing, learning media, and preservation of regional languages. Interviews were conducted with teachers and parents of students to find out the needs and challenges in teaching Bugis. The book writing process is carried out through three stages: pre-production, production, and post-production. The final result of this final project is an educational book in the form of thematic flash cards which are expected to be a fun medium for learning Bugis as well as an effort to preserve regional languages from an early age.

Tugas akhir ini berjudul "Penulisan Buku Edukatif Dasar-Dasar Bahasa Bugis untuk Anak Sekolah Dasar", bertujuan untuk mengenalkan kosakata dasar bahasa Bugis kepada anak usia 7–9 tahun melalui media flash card yang menarik, sederhana, dan edukatif. Buku ini menggunakan pendekatan visual melalui gambar serta kosakata dalam bahasa Bugis (Latin), bahasa Indonesia, dan aksara Lontara. Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan ini adalah studi pustaka dan wawancara. Studi pustaka dilakukan untuk menggali teori terkait penulisan, media pembelajaran, dan pelestarian bahasa daerah. Wawancara dilakukan dengan guru dan orang tua siswa untuk mengetahui kebutuhan dan tantangan dalam pengajaran bahasa Bugis. Proses penulisan buku dilakukan melalui tiga tahap: praproduksi, produksi, serta pascaproduksi Hasil akhir dari tugas akhir ini adalah buku edukatif berbentuk flashcard tematik yang diharapkan dapat menjadi media bantu pembelajaran bahasa Bugis secara menyenangkan sekaligus upaya pelestarian bahasa daerah sejak dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. H. Suardi, S.Sos., M.Si. sebagai Dosen Pembimbing I 2. M. Djazman Addin S., S.Si,M.Si. sebagai Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Keywords: Writing, Educational Books, Bugis Language, Elementary School Children, Flashcards Kata Kunci: Penulisan, Buku Edukatif, Bahasa Bugis, Anak Sekolah Dasar, Flash card
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 090 Manuskrip, naskah dan buku langka > 090 Manuskrip, naskah dan buku langka
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Penerbitan Kampus Makassar
Depositing User: Ratna Ratna
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:39
Last Modified: 06 Aug 2025 07:39
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1474

Actions (login required)

View Item
View Item