Maryam Nur’ Aini, Dwi (2024) UJI PENERIMAAN PASAR PADA PENGGUNAAN REMPAH ANDALIMAN DALAM PEMBUATAN GELATO. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![UJI PENERIMAAN PASAR PADA PENGGUNAAN REMPAH ANDALIMAN DALAM PEMBUATAN GELATO [thumbnail of UJI PENERIMAAN PASAR PADA PENGGUNAAN REMPAH ANDALIMAN DALAM PEMBUATAN GELATO]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN UJI PENERIMAAN PASAR_Dwi Maryam Nur_Aini_24-JULI (final)-1-15.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (726kB)
Abstract
ABSTRAK
Dessert is a type of culinary delight that can be used as a business opportunity in
creating product innovations in line with current developments. One popular
dessert is Gelato. However, the price of Gelato is relatively expensive so it cannot
be reached by all groups. GEL'I is an innovative Gelato product with the basic
ingredients of passion fruit and andaliman. These two materials are materials that
are more affordable, and easy to obtain in Indonesia. The aim of this research is to
determine the segmentation, targeting, positioning of the use of andaliman spices
in making Gelato, as well as testing market acceptance of GEL'I products. The
research method used is a quantitative method. This research used a sample of 60
students at Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta. Data was collected through
observation, literature study, documentation, and questionnaires. The research
results show that GEL'I's market segmentation is focused on students, especially at
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta. This product is aimed at consumers aged
17-23 years, especially the middle to lower middle class. The market acceptance
test results prove that the product is said to be suitable and meets the specified STP
(segmentation, targeting, positioning) targets. Andaliman Gelato products have a
unique, distinctive taste and are a creative innovation in the culinary field,
especially desserts.
Keywords: Innovation, Dessert, Market Acceptance, andaliman, Gelato
Dessert merupakan salah satu jenis kuliner yang bisa dijadikan peluang usaha dalam
pembuatan inovasi produk sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satu dessert
yang populer adalah Gelato. Namun, harga Gelato relatif mahal sehingga tidak bisa
dijangkau semua kalangan. GEL’I merupakan produk inovasi Gelato dengan bahan
dasar markisa dan andaliman. Kedua bahan ini merupakan bahan yang relatif lebih
terjangkau, dan mudah didapatkan di Indonesia. Tujuan penulisan ini adalah untuk
mengetahui segementasi, targeting, positioning pada penggunaan rempah
andaliman pada pembuatan Gelato, serta menguji penerimaan pasar pada produk
GEL’I. Metode penulisanyang digunakan adalah metode kuantitatif. Penulisan ini
menggunakan sampel 60 mahasiswa Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta. Data
dikumpulkan melalui observasi, studi kepustakaan, dokumentasi, dan kuisioner.
Hasil penulisan menunjukkan bahwa segmentasi pasar GEL’I tertuju pada
mahasiswa, khususnya di Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta. Produk ini
ditujukan bagi konsumen usia 17-23 tahun, khususnya kalangan menengah sampai
menengah kebawah. Hasil uji penerimaan pasar membuktikan bahwa produk
dikatakan sesuai dan memenuhi target STP (segmentasi, targeting, positioning)
yang ditetapkan. Produk Gelato andaliman memiliki rasa khas yang unik, dan
merupakan inovasi kreatif di bidang kuliner, khususnya dessert.
Kata Kunci: Inovasi, Dessert, Penerimaan pasar, andaliman, Gelato
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Muhammad Ridwan, S.I.Kom., M.M. selaku dosen pembimbing I Maria Ulfah Catur Afriasih, S.Pd., M.M. sebagai Dosen Pembimbing II. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Program Studi Seni Kuliner |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 05:46 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 05:46 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/153 |