UJI PENERIMAAN INOVASI PATTY BELUT SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN MAKANAN POPULER BERBAHAN KOMODITAS LOKAL

Shevia Andini, Resvi (2024) UJI PENERIMAAN INOVASI PATTY BELUT SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN MAKANAN POPULER BERBAHAN KOMODITAS LOKAL. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of UJI PENERIMAAN INOVASI PATTY BELUT SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN MAKANAN POPULER BERBAHAN KOMODITAS LOKAL] Text (UJI PENERIMAAN INOVASI PATTY BELUT SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN MAKANAN POPULER BERBAHAN KOMODITAS LOKAL)
LAPORAN TUGAS AKHIR RESVI FINAL-1-14.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (406kB)

Abstract

The nutritional content of paddy eels is greater than that of other animal
protein sources. Burgers using eel as the main ingredient will increase the variety
of burger products and increase public consumption of processed eel. This research
aims to get the right formula for burger patty products with treatment (A1) 100%
paddy eel, and treatment (A2) 75% paddy eel : 25% tuna using a sensory test with
hedonic test method and hedonic quality test. By observing the parameters of taste,
color, aroma, texture, taste quality, color quality, aroma quality, and texture quality
using an interval scale of 1-5 and seeing whether there are significant differences
or not utilizing the normality test and the Friedman test. The conclusion of the
hedonic overall acceptability test from all indicators resulted in the best
formulation, namely treatment A1 using 100% paddy eel. From the days of the
Friedman test, it was concluded that there were differences in all the indicators
tested between each formulation.
Keywords : Burger, Paddy eel, Hedonic Test, Patty, Hedonic Quality Test
Kandungan gizi yang dimiliki oleh belut sawah lebih besar dibandingkan
dengan sumber protein hewani lainnya. Burger dengan menggunakan bahan utama
belut akan menambah variasi dari produk burger serta untuk meningkatkan
konsumsi masyarakat terhadap olahan belut. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendapatkan formula yang tepat pada produk patty burger dengan perlakuan (A1)
100% belut sawah, dan perlakuan (A2) 75% belut sawah : 25% ikan tuna
menggunakan uji sensori dengan metode uji hedonik dan uji mutu hedonik. Dengan
parameter pengamatan rasa, warna, aroma, tekstur, mutu rasa, mutu warna, mutu
aroma, dan mutu tekstur dengan menggunakan skala interval 1-5 serta dilihat
apakah ada perbedaan signifikan atau tidak menggunakan uji normalitas dan uji
wilcoxon. Kesimpulan uji hedonik overall acceptability dari keseluruhan indikator
menghasilkan formulasi terbaik yaitu perlakuan A1 dengan menggunakan 100%
belut sawah. Dari haril Uji wilcoxon disimpulan bahwa terdapat perbedaan dari
seluruh indikator yang diujikan antara masing masing formulasi.
Kata Kunci : Burger, Belut Sawah, Uji Hedonik, Patty, Uji Mutu Hedonik

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Meisi Riana, S.Kp.G., M.P.H. selaku dosen pembimbing 1 Maria Ulfah Catur Afriasih, S.Pd., M.M. selaku Dosen Pembimbing II.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Pariwisata > Program Studi Seni Kuliner
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 14 Feb 2025 06:36
Last Modified: 14 Feb 2025 06:36
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item
View Item